Windows 8 Rawan Dibobol dan Disabotase?

Windows 8 Rawan Dibobol dan Disabotase?

1

Windows 8 Rawan Dibobol dan Disabotase?

Agen Federal Jerman (BSI) baru saja membuat pernyataan yang cukup mengejutkan. Mereka menyatakan bahwa Windows 8 rawan untuk dibobol dan disabotase! Hal ini membuat mereka memperingatkan agar pihak pemerintah Jerman tidak menggunakan Windows 8 di setiap infrastrukturnya.

Menurut mereka, permasalahan utama terletak di chip komputer yang dikenal dengan Trusted Platform Module atau TPM 2.0. Chip ini memang disertakan di sebagian besar PC yang built-in dengan Windows 8. TPM 2.0 didesain agar bisa melindungi komputer dengan lebih kuat lagi melalui interaksinya dengan berbagai aplikasi security.

Tetapi BSI menyatakan bahwa penggunaan TPM 2.0 bersamaan dengan Windows 8 bisa membuat pengguna kehilangan kontrol terhadap OS sekaligus hardware PC mereka. Pihak ketiga (hacker, pihak tertentu, dsb) bisa mengambil alih PC tersebut. Namun sayangnya BSI tidak menjelaskan secara spesifik tentang kehilangan kontrol seperti apa yang bakal terjadi akibat TPM 2.0 dan Windows 8 tersebut.

Menanggapi hal ini Microsoft belum berkomentar apapun seputar pernyataan BSI tersebut. Mereka hanya menyatakan bahwa manufaktur PC bisa mengaktifkan atau mematikan fitur TPM 2.0 sehingga pengguna bisa membeli PC yang tidak memiliki TPM aktif.

TPM dikembangkan oleh Trusted Computing Group, sebuah lembaga non profit yang dibiayai oleh IBM, Intel, Hewlett-Packard, dan Microsoft. BSI mengabarkan bahwa kini mereka sedang bekerja sama dengan Trusted Computing Group untuk mencari solusinya.

Jika Windows 8 memang rawan untuk disabotase, semoga Microsoft dan Trusted Computing Group segera memperbaiki permasalahan ini.

via Reuters

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Muhammad Zulfikar

    Are You Freaking Kidding Me??? Berarti windows 8 saya gampang dibobol