Windows Dalam Bahaya: Aplikasi Android Bakal Bisa Dijalankan di Chrome OS

Windows Dalam Bahaya: Aplikasi Android Bakal Bisa Dijalankan di Chrome OS

26

Windows Dalam Bahaya: Aplikasi Android Bakal Bisa Dijalankan di Chrome OS

Windows memang masih menjadi OS Desktop terpopuler saat ini. Tetapi posisinya bisa terancam oleh Chrome OS.

Google baru saja mendemokan bagaimana aplikasi Android bisa dijalankan di Chrome OS. Mereka menyatakan bahwa developer hanya perlu melakukan sedikit saja modifikasi agar aplikasi Android mereka bisa berjalan di OS desktop tersebut.

Hal ini bisa terjadi karena project Google yang bernama App Runtime for Chrome (Beta). App Runtime inilah yang membuat aplikasi Android bisa berjalan di Chrome OS dengan lancar.

Untuk saat ini beberapa aplikasi Android populer seperti Evernote, Vine, Sight Words, dan Duolingo. Aplikasi lain bisa direquest melalui form khusus ini.

Dengan harga Chromebook yang sangat murah dan jumlah aplikasi Android yang jumlahnya sungguh sangat banyak, hal ini akan menjadi ancaman serius bagi Windows.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Google sangat jenius dalam mencuri market share. Mereka sudah sukses mencuri market share Yahoo dan kini menjadi search engine terbesar di dunia. Search engine Yahoo sendiri? Kolaps.

Google juga sudah sukses mencuri market share BlackBerry hingga Android menjadi OS Mobile terpopuler di dunia. BlackBerry sendiri? Kolaps.

Lalu akankah Windows suatu saat menjadi kolaps jika seluruh aplikasi Android bisa dijalankan di Chromebook?

Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Tetapi yang pasti Microsoft tidak boleh kalah berinovasi jika tidak ingin Windows dihabisi pelan-pelan oleh Chrome OS.

via google

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • sky

    jangan lebay deh…. dalam bahaya apanya?
    windows bisa dipake diberbagai device, PC ,laptop. sedangkan chrome OS cma bisa di chromebook, orang aja mau beli chromebook aja mungkin masih mikir, chromebook g’ lebih dari sebuah HH dalam ukuran besar, percuma kalo disandingkan dengan PC
    sekarang aja diwindows udah ada program bluestacks kalo cuma sekedar mau gunain app android, jadi windows yang bisa dipake buat game,kerja,bahkan sudah bisa menjalan app android lewat program yang lain bisa dikatakan dalam bahaya cuma karena chromebook udah bisa pake app android……. hadeh..

    • Nur rahmad

      iya gan, cuma bias browsing doing -_-

    • jagungbakar

      pikiran seperti ente ini yg bisa membawa ke kehancuran

      sekecil apapun ancaman perlu di waspadai sebelum dia semakin besar,
      memang benar sekarang microsoft masih posisi diatas, tapi itu sudah mulai terkikis sedikit demi sedikit.
      lihat tuh penjualan windows 8, windows phone, windows tablet, bing apa memuaskan? ente tau gk kalau sekarang microsoft mulai menggratiskan OSnya ke OEM dg beberapa syarat? agar dapat bersaing dengan android google? dari situ bisa dilihat kalau microsoft saat ini mengalami kegalauan..

      berpikirlah kedepan, jangan berpikir atas buaian2 yg sudah ente raih saat ini,, karena diluar sana banyak musuh yg siap menerkam dan mencabik2 ente. dan gw yakin, microsoft tidak sesempit pikiran ente

      • yockprog

        Google tuh licik.
        Orang Indonesia udah dicuci otaknya sama mbah Google : beli gadget cuma ngeliat spek diatas kertas, dan gak merasa malu pas hape spek tingginya itu flashnya bocor, boros batere, minta restart sehari sekali, dll.
        Liat aja berita jutaan akun gmail diretas, gak heboh kan di detikinet, kompastekno, dll??
        Coba tebak, siapa yang sebenernya kalang-kabut karena Vimeo mulai populer di Indonesia??
        Hayoo…
        Udah jelas kok kalo Google lebih takut sama WP daripada iOS, soalnya hape kan umurnya pendek, jauh lebih cepat membangun ekosistemnya dibandingkan dgn PC, belum lg UI dan performa WP bikin orang gampang move on dari Android..

      • sky

        ane sih g’ pernah pernah ngeremehin pihak manapun, tetapi menyandingkan sesuatu yang tidak sama kemudian menyatakan satu pihak yang lain terancam karena pihak yang lain itu, itu yang ane permasalahkan. masa’ cuma gara” cromebook bisa pake app android kemudian windows jadi kolaps, kan terlalu mengada”. apple aja dengan mac nya yang selama ini menjadi pesaing windows g’ bisa” juga melewati windows, kemudian tiba” chromebook langsung bisa menjadi ancaman bagi windows…. kan g’ masuk akal
        untuk urusan HH emang microsoft ketinggalan karena mereka terlalu fokus di OS windows, tapi sekarang bukan membahas ttg HH windows
        masalah gratis os windows itu musuh mereka itu sebenarnya user yang tidak mau upgrade versi windows mereka ke windows yang terbaru ,bukan karena ada saingan dengan OS buatan pihak lain.
        windows vs android= mereka bersaing dalam ranah HH bukan OS buat desktop/laptop
        dan kenapa menyatakan pikiran ane menyempitkan microsoft, bukannya ane malah mendukung windows dengan mengatakan bahwa tidak pantas sesuatu seperti windows disandingkan dan di anggap dalam keadaan berbahaya karena sesuatu yang disebut chrome OS, yang harus ente anggap meremehkan widows bukan ane, tapi penulis post berita ini.

        sebenarnya post berita ini g’ akan ada masalah jikalau dibuat sebagai suatu post yang netral, contohnya chroomebook dgn chrome os nya telah bisa menggunaka app android. dengan begitu aja cukup bagus.

        • Febian

          Kalau mengikuti campaign Microsoft, maka terlihat bahwa Microsoft pun tidak meremehkan Chromebook

          Campaign iklan mereka beberapa waktu terakhir menyerang chromebook secara langsung

          Mereka jg kerja sama dengan brand seperti HP utk merilis laptop dengan harga murah utk bersaing dengan Chromebook

          Bahkan mereka tengah mengembangkan Cloud OS yang bs jd bakal dirilis utk antisipasi jika OS berbasis Cloud ternyata booming

          Dunia teknologi berkembang dengan sangat cepat, dan inovasi sangat diperlukan

          Google bukan perusahaan kemarin sore, dia bs jd duri dalam daging.

          Microsoft menyadari itu dan mereka sangat waspada, makanya banyak effort mereka terlihat tidak ingin memberikan kesempatan sedikitpun kepada Chromebook utk populer

          Lagipula, ngomongin Windows sekarang g cuman ngomongin desktop. Windows kini menjadi Windows One, bisa dijalankan di tablet, desktop, laptop, bahkan smartphone (ya..Windows RT akan di merge dengan Windows Phone)

          Jadi Android di tablet juga menjadi lawannya Windows di tablet

          Mac, Android, Chromebook, atau apapun..kini menjadi lawannya Windows secara langsung. Karena Windows gak cuman utk desktop, tp utk semua device.

          Semuanya berebut market share di kalangan pengguna device, berebut bagian di roti yang sama

        • jagungbakar

          saya melihat post anda terlalu menyepelekan chromebook.

          http://www.jagatreview.com/2014/08/chromebook-makin-diminati-di-negara-maju/

          ingat bro, memang saat ini chromebook masih ecek2, kedepannya apa yg terjadi tidak ada yg tau.

          seperti yg telah dijabarkan di rubrik ini yg beberapa vendor ternama dimasanya sudah pada dipecundangi google.
          apalagi chromebook saat ini sudah mulai berkerjasama dengan vendor2 pembuat laptop windows,

          menurut “penerawangan” saya, hehehe…, dengan adanya app android yg disuntikkan ke chromebook tidak mustahil developer2 app dan game terangsang membuat app/ game yg lebih komplek.. dan developer app/ game yg dulunya membuat untuk windows tidak menutup kemungkinan juga terjun membuat untuk google,, mereka jg pengen mengeruk untung, mana yg laris disitu yg dibuatin dulu.

          dan disinilah microsoft diuji untuk tetap berinovasi kalau tidak mau bernasib sama digilas oleh produk2 google

          • sky

            dari yang ane baca berita itu, lebih tepatnya ane simpulkan adalah chromebook ancaman bagi laptop/notebook jadi bukan hanya pada windows saja memiliki tkesempatan diancam tetapi semua os yang ada pada laptop. walaupun windows adalah paling banyak digunakan pada perangkat seperti laptop/notebook tetapi tidak bisa ditujukan ancaman itu khusus kepada windows

            peningkatan pemakai cromebook itu hanya disebabkan harga murah dibandingkan laptop yang harga lebih mahal tetapi kemampuanya tidak lebih dari chromebook,kalau ada pun laptop yang memiliki spek yang lebih bagus daripdata chroomebok tentu harganya berkali” lipat lebih mahal, makanya user lebih suka chrome book.

            selain itu bagi user yang lebih memiliki kepentingan daripdata sekedar browsing,main app android sudah tentu mereka mempunya windows juga seperti windows dekstop, karena sehebat” nya chroomebook tidak akan pernah bisa menggantikan windows dektop, nah disisi ini windows tidak berada dalam ancaman chromebook , jadi tidak bisalah kalau dianggap keseluruhan windows itu dibawah ancaman chromebook.

            dan kenapa vendor pembuat laptop juga lebih tertarik membuat chroomebook, tentu tidak lain karena mereka mengejar untung. disisi lain, vendor itu tidak terikat dengan dengan windows jadi mereka bebas membuat apapun yang mereka suka, tapi bukan berarti itu efek itu itu menimbulkan ancaman ke windows tetpi juga bagi os lainnya semisalnya apple dgn macbook nya yang sedikit banyaknya juga memiliki lahan dibagian laptop ,dgn banyaknya produksi chroomebook, bisa juga jadi ancaman bagi apple terutama pada bagian laptop sehingga mengurahi lahan macbook. jadi kalo ditarik, ancaman chrome itu lebih tepat ke keberadaan laptop bukan khusu kewindows saja.

            dan masalah app android atau apapun itu, itupun tidak menimbulkan masalah bagi windows, sebagus” nya app dichromebook tidak bisa membandingkan kemampuan program yang dipakai di windows seperti pengolah video atau game kelas berat karena spek dari chromebook tidak akan pernah mengizinkan untuk itu.

            dan tentu tidak ada orang yang mau rugi, selama mereka masih bisa untung mereka akan terus mengupnyakan mendapatkannya, begitulah juga dengan windows, karena mereka os terbesar di laptop makanya mereka akan terus berinovasi untuk dapat menghasikan di bagian laptop dengan seperti memberikan os windows yg lebih murah.

            jadi dari semua itu, chroomebook merupakan ancaman kelangsungan dri laptop BUKAN hanya kepada windows.
            itu aja, terima kasih ;)

          • wowo

            hahha jancuk2x..

    • Air

      Goblok

      • sky

        untuk memberikan komentar atas pendapat ane, ente hanya bisa bilang goblok, itu sendiri sudah menunjukan sampai dimana batas ente

        • Aji Saputra Raka Siwi

          Memangnya batas ente sampai dimana?

    • Air

      SKY somplak otaknya

      • sky

        daripda ente, level otak ente hanya bisa mengejek orang lain, kalo ente juga g’ setuju berikan suatu pendapat. emang ente kira dengan menjelekan orang lain, ente udah dianggap lebih hebat dri pda orang yg ente jelekan?

        • Mang Juki

          dari kemarin saya pengen lihat komentar yang bagus-bagus, malah kebanyakan komentar sky yang idiot, mungkin benar otaknya somplak ahahahaa

  • GantengGantengSeringgila

    selama GTA V (dan game windows lainnya) cuma bisa dimainin di windows PS dan XBOX. bodo amat sama chrome OS

    • Eko Kurniawan

      setuju gan

  • wowo

    Hahahaha tong sampah ijo bisa apaan yang bakalan kolaps mah dia. Tungguin aja Windows 9 keluar dan Cortana sudah sempurna bua semua negara dah dijamin bangkrut tuh tong sampah…

  • Matsudara Adachi

    oh ya 1 hal yang ingin aku tanyakan.
    apakah Chrome Os itu keluarga Linux?
    ane sering ngedenger bahwa chrome OS itu kkeluarga Linux juga
    .
    JUJUR Aja ‘kali aja Pernyataan ane diatas itu bener’.
    ane BENCI BANGET ama yang namanya Linux.
    percuma kalo ada aplikasi APK android tapi ga konek ke internet -_-
    ane install modem di linux lebih dari 2 bulan ga berhasil-berhasil :(

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      Instal modem di linux 2 bulan gak berhasil-berhasil???

      ane… 5 detik bisa

      • Matsudara Adachi

        aku bener-bener ga bisa linux :'(

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          kasihan

          • Matsudara Adachi

            maklumlah namanya juga belum belajar om :3

    • Kaka Ftz

      Itu lu nya yg bego bkn salsh linux ny…. oon

  • andi milan

    Kalau chrome ingin merubah OS yang dikuasai windows, gak mungkin dan perlu waktu lama. Bukan secepat android menguasai OS smartphone. Kalau saja dulu Microsoft juga konsen di windowsphone, bisa jadi android juga gak bakal sekuat sekarang. Saya pribadi gak tertarik menggunakan OS Chrome, selain tidak tahu juga karena program DCS kami hanya berjalan di system Windows (yokogawa, Foxboro, Honeywell)….lainnya tidak ada. Bahkan sekelas MAC aja tidak. Kami pake Windows buat open close control valve wellhead, refining, shipment to tanker, gas flaring…directional drilling…wah banyak deh wkwkw. Takutnya kalo pake yang lain…wah ntar pada kaget liat gambar robot ijo (dikira game kali)…hehe. Mending pake windows daripada sumur minyak ketutup alias tidak compatible dan kalian gak dapet bensin buat ke warnet ntar. wkwkw

  • mintul

    yang harus kita lawan dominasi jahat dari produk tertentu yang ingin monopoli pasar