Windows Phone Store Diterpa Masalah Pembajakan dan Peniruan Aplikasi

Windows Phone Store Diterpa Masalah Pembajakan dan Peniruan Aplikasi

8

Windows Phone Store

 

Winpoin pernah menurunkan artikel mengenai kekurangan Windows Phone Store, yaitu banyaknya aplikasi scam. Namun akhir-akhir ini muncul tren baru yang ‘merusuhi’ Windows Phone store, yaitu adanya aplikasi bajakan dan tiruan. Berita ini pertama kali diturunkan oleh Blog Windows Wmpoweruser, dan menyebutkan dengan detail beberapa developer yang melakukan kecurangan berupa pembajakan aplikasi. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Swot Gose Games.

Windows Phone Store

Kecurangan yang dilakukan developer ini adalah melakukan peniruan mentah-mentah, dalam artian mengunduh file XAP dari developer lain (umumnya berbayar), kemudian mengunggahnya sebagai versi gratis dengan nama berbeda. Contohnya adalah aplikasi Duet yang diubah menjadi Duet Adventure. Selain itu, developer ini juga mengunggah bajakan dari Cheezia dan Doors yang diubah menjadi Cheese Factory dan 100 Doors.

Windows Phone StoreWindows Phone StoreWindows Phone Store

Langkah ini nampaknya diikuti beberapa developer lain. Seperti yang dapat kamu saksikan pada screenshot di atas, tampak beberapa macam permainan “Duet” yang sebenarnya adalah permainan serupa. Versi aslinya adalah milik TMSALSOFT yang berbayar.

Meskipun pengguna Windows Phone nantinya dapat memanfaatkan permainan ini secara gratis (hal yang lebih populer di OS tetangga), namun tentu saja hal ini merupakan suatu pukulan keras bagi developer. Seorang developer menghabiskan waktu puluhan jam bahkan ratusan jam untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang unik dan menarik, yang memperkaya pengalaman pengguna kita. Tentu saja akan sangat wajar bila kita memberi dukungan terhadap developer tersebut baik dengan cara membeli aplikasi tersebut secara legal, berlangganan, ataupun sekedar melihat iklan yang menjadi sarana bagi developer mendapatkan uang.

Kita memiliki developer lokal yang juga tengah berupaya mengembangkan diri seperti misalnya I Putu Yoga Permana. Bila kita membiarkan pembajakan seperti ini berlangsung, tentu saja hal ini akan mengurangi antusiasme developer untuk mengembangkan aplikasi di Windows Phone.

 

Bagaimana cara kita membantu mengatasi permasalahan ini?

Kita dapat membantu mengatasi permasalahan yang terjadi di Windows Phone dan Windows Phone Store dengan cara mengirimkan laporan pada app yang kita ketahui merupakan tiruan atau bajakan dari developer lain. Dengan demikian Microsoft akan menyadari keberadaan aplikasi tersebut dan segera menyingkirkannya dari Windows Phone Store. Dengan demikian, sebagai pengguna kita juga memiliki partisipasi dalam membesarkan dan menjadikan pengalaman pengguna Windows Phone kita lebih nyaman dan menyenangkan, baik untuk kita sendiri, maupun untuk developer yang dengan kreativitasnya telah banyak memberikan hal-hal baru bagi kita untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • windows phone store masih kayak negara berkembang yang membiarkan apa saja masuk asalkan banyak, :D
    Fighting Microsoft!!! berantas pembajakan!!!

    • Berantas dulu pengguna Windows bajakan, maka Microsoft kehilangan banyak pengguna hahahahaha xD

  • Budiです

    Windows Store PC juga serupa :

  • perlu diakui, aplikasi pada windows kurang inovatif.. baik dari sisi fungsi desain dan estetikanya..

  • Aisy Muhammad Rozsidhy

    Wah ampe segitunya ya??
    Developer yg ngambil juga parah.. :/
    klo gini khan cuma ngeruk uang bukan menambah aplikasi yg inovatif dan kreatif

    aslinya kita tidak butuh banyak aplikasi..
    yg penting itu aplikasinya bagus dan tdak ada msalah..

    toh tidak mungkin keseluruhan aplikasi di store juga di install..

  • pekopekokun

    jangan cuma nyinyir aja
    liat tuh ponsel masing2
    di root atau di jailbreak ga

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    No comment ah..

  • Herannya, kok bisa lolos review team Windows Store dan berhasil kepublish ya… :|