Windows RT Mungkin Akan Dihilangkan dari Daftar OS Microsoft

Windows RT Mungkin Akan Dihilangkan dari Daftar OS Microsoft

2

Windows RT Mungkin Akan Dihilangkan dari Daftar OS Microsoft

Windows RT adalah varian baru dari sistem operasi Windows yang hanya menyediakan Modern Environtment tanpa Desktop Environtment. Artinya di Windows RT kamu hanya bisa menggunakan Modern Apps dan tidak bisa menginstall aplikasi desktop. Sistem operasi ini pertama kali hadir bersama dengan dirilisnya Surface RT dan diharapkan menjadi OS populer untuk tablet atau mobile device lainnya.

Namun sayangnya popularitas Windows RT kurang begitu cemerlang. Bahkan beberapa perusahaan besar seperti NVIDIA, Dell, dan Acer sangat kecewa karena Windows RT tidak laku sesuai harapan. Konsumen-pun sepertinya lebih memilih Windows 8.1 daripada Windows RT mengingat fungsinya yang memang jauh lebih powerful.

Executive Vice President of Device and Studios Microsoft, Julie Larson-Green, secara kuat mengisyaratkan bahwa Windows RT mungkin akan dihapus dari daftar OS Microsoft. Dalam sesi tanya jawab di UBS Global Technology Summit dia ditanya seputar pengembangan Surface dan kebingungan konsumen tentang adanya Windows RT.

Di event tersebut Larson-Green membenarkan bahwa konsumen maupun suplier memang bingung dengan adanya 2 varian Windows 8. Rencana awalnya dulu, Microsoft ingin membuat sistem operasi dengan tujuan yang berbeda. Varian Windows ditujukan sebagai sistem operasi yang memberikan performa full PC, sedangkan varian Windows RT ditujukan sebagai sistem operasi yang simple dan hemat energi untuk tablet.

Namun Larson-Green mengakui bahwa ternyata tujuan tersebut tidak tercapai dengan baik. Dia menjelaskan bahwa Windows RT ternyata menjadi tidak fleksibel seperti Windows.

Kami memiliki Windows Phone. Kami memiliki Windows RT dan full Windows. Kami tidak akan memiliki 3 OS sekaligus. Kami berpikir bahwa ada tempat bagi sistem operasi mobile yang aman dan tidak boros baterai. Tetapi sayangnya ada fleksibilitas yang dikorbankan.

Dari penjelasan Larson-Green, muncul pernyataan “Kami tidak akan memiliki 3 OS sekaligus”. Jadi ada beberapa opsi yang menurut WinPoin akan terjadi. Pertama, fitur Windows RT akan digabungkan kedalam Windows Phone sebagai sistem operasi mobile. Kedua, Windows RT akan dihapus dari daftar OS Microsoft dan tidak akan dikembangkan lagi.

So..kemungkinan pertama ataupun kedua yang diambil Microsoft tetap akan membuat Windows RT dihilangkan dari daftar OS Microsoft.

via Microsoft

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Evolta Triathlon Comunity

    Yang menjadi penyebab Windows RT Kurang diminati itu adalah beda arsitektur CPU

    Kebanyakan produk Microsoft kan pakai arsitek X86 (Windows 7 Contohnya)
    Nah Windows RT Memakai Arsitektur ARM

    Yang kedua : kebanyakan APP Desktop Windows itu kayaknya sudah terbiasa dengan arsitek X86
    Nah kalo APP itu diinstall di ARM Kan gak bisa jalan

    Namun untuk dapat Tablet X86 Microsoft itu perlu rogoh kocek yang besar, Why ?
    harga surface pro saja bayangin SELANGIT ( 6 Juta untuk Intel ATOM CPU! )

    Nah kesimpulanya Windows RT hanya dapat menjalankan APP Dari Windows Store
    Padahal orang meningikan Aplikasi Windows Store maupun Windows Desktop dapat berjalan bersamaan di tablet PC, Namun untuk mendapatkan itu perlu harga yang selangit

    • Iqbal

      Betul