#WinExplain: Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

#WinExplain: Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

66

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Tak jarang pecandu internet benci menggunakan Internet Explorer. Bahkan sebagian orang membutuhkan internet explorer ketika mereka menggunakan Windows baru, hanya untuk mendownload browser lainnya. Karena banyaknya komentar negatif tentang Internet Explorer, ideologi Internet Explorer yang jelek menjadikan pengguna komputer lainnya beranggapan sama.

Kalau kamu termasuk orang yang beranggapan negatif tentang IE tapi tidak mengetahui alasannya, berikut ini WinPoin akan menjelaskannya. Dari mana sejarah ini dumulai, apakah selamanya Internet Explorer memiliki citra yang buruk?

Padahal faktanya mulai Internet Explorer versi 9 telah mengalami peningkatan, penambahan fitur dan membuat standar yang baru. Jauh lebih baik dari versi-versi yang sebelumnya yang menanamkan citra buruk pada Internet Explorer.

 

Sejarah Awal Internet Explorer – Apakah Browser Ini Bagus Awalnya??

Kita semua sudah berpikir kalau Internet Explorer itu lemot, browser yang ketinggalan jaman, tapi kenyataannya tidak seperti itu. Faktanya, kembali ketika Internet Explorer banyak memberikan inovasi pada web hari ini.

Berikut ini sejarah singkat yang telah dilupakan oleh browser terkenal satu ini:

Internet Explorer 3

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Pada tahun 1997 Internet Explorer 3 mulai dikenalkan. Ini adalah browser pertama yang mengimplementasikan CSS (Cascading Style Sheets). Ini adalah kenyataannya, selain itu ia juga memperkenalkan banyak fitur seperti Java applet dan ActiveX control.

Internet Explorer 4

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Internet Explorer 4 dikenalkan pada tahun 1997, muncul dengan cepat menggantikan versi sebelumnya. Membawa mesin rendering yang baru sebagai komponen embeddable yang digunakan oleh aplikasi lain. Ini adalah bagian terpenting daripada orang sadari. Versi ini juga memperkenalkan Dynamic HTML, yang memungkinkan halaman web secara dinamis mengubah halaman menggunakan JavaScript dan menambahkan integrasi Active Desktop.

Anehnya lagi, seperti tak ada orang yang tahu, Internet Explorer 4 sebenarnya cross platform. Kamu bisa menginstallnya pada Mac OS, Solaris dan HP-UX dan saat Internet Explorer 5 dirilis, Internet Explorer 4 telah menguasahi 60% pasar browser.

Internet Explorer 5.x

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Microsoft menciptakan Ajax. Apa itu?? Itu adalah versi Internet Explorer yang memperkenalkan fitur XMLHttpRequest di JavaScript, yang mendasari teknologi aplikasi web pada hari ini, seperti Gmail. Tentu saja, Ajax tidak benar-benar diciptakan sampai masa berikutnya selain Microsoft.

 

Microsoft Si Pembuat Inovasi

Dari Internet Explorer 3 sampai Internet Explorer 6, Microsoft menggunakan semua resource untuk membuat inovasi, merilis fitur baru dan browser yang lebih baik dan cepat dari Netscape. Faktanya, Netscape 3 Gold adalah sepotong browser sampah karena crash hampir sepanjang waktu ketika digunakan, dan Netscape 4 sangat lambat dan hampir tidak bisa merendering tabel. Apalagi CSS yang sering menyebabkan browser crash.

 

Jadi Apa yang Membuat Internet Explorer Selalu Salah?

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Semua masalah ini dimulai ketika Microsoft mengintegrasikan IE dengan Windows sebagai komponen yang diperlukannya. Selain itu membuatnya sulit untuk diuninstall dan menggunakan browser alternatif. Lalu seluruh bisnis mereka memonopoli mencoba untuk menekan keluar Netscape dari pasar, dan banyak orang mulai melihat Microsoft sebagai perusahaan yang jahat.

Microsoft Mulai Berhenti Berusaha

Pada tahun 2001 saat Microsoft merilis Internet Explorer 6, itu datang dengan banyak fitur baru untuk web developer, sejak saat itu tidak ada persaingan dan mereka menguasahi pasar sebesar 95%. Microsoft berhenti berusaha serius, mereka tidak melakukan apa-apa selama 5 tahun, bahkan setelah Firefox dirilis. Pada geek mulai bermigrasi kesana-kemari.

Microsoft Mulai dengan Fitur Spesifik

Semua masalah dengan inovasi Microsoft adalah banyak dari fitur baru itu tidak mengikuti standar web. Ini tidak masalah ketika Internet Explorer adalah satu-satunya web browser, tapi Firefox dan Webkit datang dengan standar yang benar. Membuat web developer beralih ke dua browser itu.

Banyak Cela Keamanan dan Seringnya Crash

Sejak Microsoft memutuskan untuk tidak berusaha lagi dan mereka tidak mengikuti kompetisi dengan Firefox dan browser lainnya. Bug dan cela keamanan hanya dipotong dari kiri dan kanan. Misalnya kode berikut ini yang membuat Internet Explorer 6 crash.

<script>for(x in document.write){document.write(x);}</script>

Seperti pada screenshot di atas, menunjukan Internet Explorer memiliki bug yang membuatnya crash.

Internet Explorer 7 dan Internet Explorer 8 Sedikit Terlambat

Butuh waktu sekitar 5 tahun setelah Internet Explorer 6 untuk Microsoft merilis Internet Explorer 7 yang menambahkan tab dan membuat browser sedikit diperhitungkan. Tapi untuk web desainer itu masih mimpi buruk, dan hanya ada masalah rumit untuk merender halaman.

Kemudian butuh waktu 2,5 tahun untuk Microsoft akhirnya merilis Internet Explorer 8 yang meningkatkan dukungan CSS untuk web developer. Selain itu juga menambahkan fitur Private browsing dan phising protection. Dalam hal ini, kebanyakan geek telah beralih ke Firefox, dan beberapa beralih ke Google Chrome.

 

Inilah Alasan Sebenarnya Kenapa Geek Benci Internet Explorer

Tidak semua Geek membenci teknologi lawas yang usang, pada kenyataannya masih banyak yang menyukai Gameboy, Nintendo, Atari dan sebagainya. Tapi mengapa Internet Explorer memiliki cerita yang berbeda??

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Berikut ini beberapa alasan mengapa kebanyakan kamu tidak suka browser ini dan memutuskan untuk menggunakan browser lain:

Mendukung IE Seperti Memasukkan Benang ke Jarum di Mata Web Developer

Salah satu alasan mengapa geek membenci IE adalah para web developer menghabiskan waktu berjam-jam untuk memastikan halaman bisa ditampilkan dengan sesuai di browser Internet Explorer. Sedangkan untuk Chrome, Firefox, Safari dan bahkan Opera, tidak membutuhkan waktu selama itu.

Ketika kamu membuka IE dan melihat ada sesuatu yang salah dari halaman itu. Butuh waktu dua kali lipat untuk memperbaikinya di IE6 dan IE7 daripada browser lainnya.

Untungnya pada tahun 2014, Internet Explorer 6 dan 7 mengalami penurunan statistik yang tidak normal, dan kebanyakan website sudah tidak mendukung mereka lagi. Bahkan pengguna Internet Explorer 8 memiliki presentase yang sedikit.

Para Geek Dipaksa Menggunakan Internet Explorer

Para geek telah dipaksa untuk menggunakan Internet Explorer saat bekerja bahkan ketika ada browser yang lebih baik, dipaksa mendukung untuk aplikasi perusahaan, dipaksa untuk membuat web bekerja di IE dan kita tidak bisa meyakinkan mereka kalau ada browser yang lebih baik.

Geek sebenarnya tidak membenci Internet Explorer, tapi mereka membencinya ketika mereka harus dipaksa menggunakannya.

 

Bagaimana Masa Depan Internet Explorer??

Sekarang bisa dibilang beruntung, Microsoft sepertinya mulai belajar banyak dari kesalahannya di masa lalu untuk dunia browser. Internet Explorer 10 dan 11 sangat cepat sebagian masalah terjadi pada browser umumnya, dan sudah menggunakan UI yang baru. Bahkan rumornya Microsoft menggantikan Internet Explorer dengan browser Sparta di Windows 10.

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Padahal banyak berdasarkan pengujian terbaru, banyak malware baru yang tidak mengargetkan IE, karena menulis plugin untuk IE adalah hal yang rumit, sedangkan menulis beberapa kode HTML dan JavaScript untuk membuat ekstensi adware untuk Firefox dan Chrome sangat mudah.

Ini adalah dunia baru dimana Chrome dan Firefox menjadi target kejahatan daripada Internet Explorer.

via HTG

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Hassan S Maulana

    Saya lebih suka menggunakan IE, selain simple tampilannya juga menurut saya tinggal klik di pojok kiri bawah. Fitur yg saya suka ialah CTRL+Shift+P nya

    • hprabowo

      wkwk, penting tuh fitur, wkwk :v

      • Hassan S Maulana

        Pssssst… Jangan keras2 cukup tahu saja ya

        • Rasshid

          wakakakakakak :v

    • untuk sekarang emang IE lebih jos :D

      • Hassan S Maulana

        Setuju deh

        • saya suka banget ada fitur bawaan block pop-up, buat iklan iklan pop-up -_-

          • Hassan S Maulana

            Agaknya para Haters wajib baca artikel anda

  • ahmad ary

    gak suka tampilannya doank sih…

  • hprabowo

    semenjak pakai windows 8.1 semua aktifitas browsingku beralih ke IE 11,
    lebih ringan, hemat resource, proses lebih cepet, pengaturan engga ribet,
    engga kaya di chrome atau Firefox, :3

    • mantab :D

      • hprabowo

        tapi sayang IE ga bisa dikasi add-block, kalau dikasi malah crash –”
        disitu kadang saya merasa syedih :v

  • Risky Indra Prastyawan

    aku suka pakek internet explorer 11 apalagi ada Spartan wah wah sip banget

    • betul, spartan memang layak utk dicoba
      kalau oke lgsg migrasi dah kesana, karena ada fitur kesukaanku yaitu Reading List utk menyimpan dan baca artikel secara offline :D

  • lebih suka pakai Google Chrome, kalau browser Spartan lebih bagus, siap2 pindah

  • Budiです

    IE11 udah bagus kok, UI-nya simple terutama modern apps-nya. Sayang ngga punya plugin yang terintegrasi ke software bukan ke sistem operasinya. Settingnya juga ngga banyak. Kalo di laptop ane pas ngetik via IE11 kadang ngga keluar hurufnya : bikin dongkol.

    Makanya IE11 jadi secondary browser :p Setelah GC yang berat resource ini

    • Spartan yang nanti dikabarkan support add-on / extension :D

  • Ridho Laksmana

    lebih enak pkek maxthon, ada addblock plus nya trus ada fitur readmode nya.

    • Maxthon dah ada readmode secara default ya?
      Aku sama sekali blm pernah nyobain Maxthon sih

      • Ridho Laksmana

        iy, coba aj gan, lumayan lah sambil nunggu spartan, hehehe

  • bagus fahrudin

    sayangnya Intenet Exprorer tidak support dengan ekstensi dan juga tidak bisa ganti tema. semoga aja kedepanya bisa ada di browser sparta.

    • Rasshid

      Justru karena itu IE lebih ringan…

  • Kalo saya nggak suka IE karena tiap buka tab baru, di taskbar muncul jendela baru, jadi kyk buka 2 IE, begitu seterusny, selain itu sih nggak ada masalah :)

    • bener, kalo satu halaman yg crash gak bakal ngaruh ke tab lain :D

    • YanDhika

      itu namanya “view invidual tab on taskbar” bisa diatur tuh di menu option.

      • oh.. sy baru tahu nih.. terima kasih infonya :)

    • Rasshid

      Berarti kamu gak suka IE cuma karena settingan defaultnya IE dan krena kamu gak mau berusaha untuk membuatnya fix :)

      • yup, mungkin bisa dibilang seperti itu, & karena udah lama pake chrome jd lebih suka sama chrome :)

  • yang tidak suka IE mungkin mereka belum mendalami IE :D

    • Fran Olnsen

      Benar sekali :D #Pecinta IE :v

  • Kasyah Rahmatullah Takhier

    Bagi gue IE yg bgus.. Mungkin dulu tdk, tpi skrg mantav,, !!

  • Sedikit koreksi Om, itu bukan Nitendo tapi Nintendo :D

  • :)

    • Ryzal’S

      itu spartan gan?

    • wah gan, spartan, gimana fitur-fiturnya sparta gan, bagus, keren gan?
      btw, itu installer Windows 10 Build 10014 dapet dari mana gan?

      #MaafBanyakNanya :v

      • Langsung tanya om Jazz aja di thread review nya dia di Forum :D

    • Cieee yang udah pake Spartan :v

  • yocktan

    IE bawaan XP/Vista/7 emang jelek, tapi mulai dari IE 10 udah manteb. Chrome boros banget RAMnya, pernah RAM tembus 1.2 GB pake Chrome. Kalo butuh add-on enakan pake Firefox atau Opera. Aku pribadi sih ga suka pake add-on/ekstensi karena bikin browser berat, karena sebenernya bisa diakalin pake fitur native browsernya itu sendiri. 3 tahun ini udah bahagia pake IE + Bing. Apalagi beberapa website udah support livetiles di Start screen.

    • YanDhika

      dan chrome boros battery

      • yocktan

        Iya, berasa banget kalo pake netbook yg batrenya udah soak..

      • betul, ini karena bugs ticking clock yg entah sekarang udah di fix atau belum (bugs nya udah cukup lama ditemukan)

    • dan chrome sekarang sering crash

      • yocktan

        Wkwkwk.. Kirain aku doang yg ngalamin..

  • YanDhika

    untuk secondary dia bagus :)

  • Fran Olnsen

    :v Siapa yang berani ngeremehin IE nih ? hahah Lawan gua :3 Browser bgus broo :v
    #HidupIE

  • Browser Bikinan ane lebih bagus :v

    • Buatan sendiri ya om?
      Share2 dong caranya sama kita2 :v

  • Lingga Mentari

    dulu aku juga termasuk gak suka IE karena lemot, banyak gak mendukung pada situs” tertentu.

    nah semenjak ada windows 8.1 itu terkadang pakai IE tapi masih jarang, dan setelan hadirnya Windows 10 tech prev ini dengan IE 11 malah pakai IE terus, Firefox gak pernah pakai lagi gara” lemot di start up-nya, untuk scondarynya pakai google chrome sekarang, yang biasanya ke pakai buat orang lain kalau mau pakai aja, biar gak logout akun Facebook ku, soalnya passwordnya panjang malas logout hehe….

    yang masih kurang itu dengan flashnya…, gara” flash sering not responding IE-nya scriptnya bikin error, dan ke dua itu yang kurang pluginnya, susah cari addons gitu buat anti iklan.

    dan alasan sekarang pakai IE 11 itu karena pakai IE simple, terhubung dengan windows phone, start up lebih cepat.

    • Kita lihat ntar di Spartan nya om, sepertinya dia lbh keren lagi daripada IE, dan tetep sama bisa terhubung dengan WP juga kok :D

      • Lingga Mentari

        saya berdo’a aja deh…saya dukung Microsoft, pingin ngalahin OS Android hehe…saya harap project Spartan lebih baik dari pada web browser yang lainnya.

  • yocktan

    Winpoin udah jajal ini belum, Min?
    http://www.buildmypinnedsite.com/en

    • Udah pernah pake dulu, tp sekarang gak pake lagi
      Mau dikasih lagi biar bisa di pin di Start Screen? :D

      • yocktan

        Iyaa, Min. Biar makin cakep start screen aku karena ada tiles Winpoin..

  • RiDho Ahmad

    angkat tangan yg cinta IE alias IA
    (oh orang pada ga tau)

    http://www.internetexplorertan.com/home/

  • 3widyan

    IE itu bagus banget waktu jamannya sebelum xp, gw pertama kali browsing internet tahun 98 pake IE5 di windows 98, terus upgrade ke versi IE6. waktu itu masih bagus, walaupun gak ada fitur tab. jadi kalau pencet link baru muncul window baru :v jaman dulu juga internet bersih, gak banyak malware dan ads(iklan) dan IE bisa membuka semua situs. tapi kayanya semua berubah ketika website google dan youtube jadi terkenal, pas firefox muncul versi 3 saya juga mulai migrasi, karena bagus ada fitur tab, cepet banget daripada IE, download juga lebih cepat di firefox daripada IE, dan entah kenapa IE jadi sering bermasalah buka web. huft good old days :D
    sekarang masih pake IE sih, di windows phone :D

    • Jaman dulu website juga gak sebanyak sekarang ya om
      Bentuknya jg masih sederhana dan ringan2, jarang ada animasi :D

      #MelodiMemory

      xixixix

  • Inti dari cerita diatas, lebih aman menggunakan IE dari pada browser lain, dan sebaliknya, lebih cepat browser lain dari pada IE. Kita tunggu IE=Sparta pada Windows 10 mendatang, Mudah2 dimiliki keduanya (Aman dan Cepat)

    • Kayaknya sih Spartan mengcombine security, kecepatan, dan juga kekayaan fitur

      Om Jazz tuh yang udah pake Spartan, udah ngerasain gimana rasanya (meskipun masih versi pengembangan yang awal2 ^^)

      • Wah bagus itu, tunggu final saja lah, soalnya gk sanggup laptop saya buat jalanin virtual. hehehe

  • Hananto Aditya Dewantara

    Migrasi ke IE dah….. :D

  • suka sama campaignya The Browser You Loved To Hate