Wow..Seagate Merilis Hardisk Berkapasitas 8TB!

Wow..Seagate Merilis Hardisk Berkapasitas 8TB!

1

Wow..Seagate Merilis Hardisk Berkapasitas 8TB!

Suka download? Atau hobby foto? Kini kamu tidak perlu bingung lagi menyimpan banyaknya file yang kamu miliki karena Seagate baru saja merilis hardisk dengan kapasitas 8TB!

Untuk ukuran saat ini, 8TB itu tidaklah sedikit. Dia sudah cukup untuk menyimpan 1.6 juta lagu berformat MP3, 8000 lebih film berkualitas HD, serta jutaan foto beresolusi tinggi. (Baca juga: Sony Mengembangkan Kaset Pita Berkapasitas 185 TB Per Kaset, Akankah Teknologi Lama Kembali Ngetrend?)

Wow..Seagate Merilis Hardisk Berkapasitas 8TB!

Seagate menamakan hardisk tersebut sebagai Archive HDD yang diperuntukkan untuk Cloud Storage dan media penyimpanan backup.

Archive HDD bisa memiliki kapasitas yang begitu besar karena Seagete berhasil menemukan teknologi SMR (Shingled Magnetic Recording), dimana teknologi ini menghilangkan jarak diantara masing-masing track data. Bahkan track data mereka tumpuk sedemikian rupa sehingga dengan ukuran piringan hardisk yang sama mereka bisa memperbesar kapasitasnya.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih jelas seperti apa cara kerja teknologi SMR, lihat saja video berikut ini:

Namun dibalik kelebihan selalu tersembunyi kelemahan. Salah satu kelemahan Seagate Archive HDD ini adalah performanya yang lebih rendah dibandingkan hardisk lainnya. Padatnya track data membuat kecepatan read-write nya juga tidak secepat hardisk lainnya. Tidak heran jika akhirnya Seagate mengkhususkan Archive HDD ini sebagai media penyimpanan backup ataupun untuk penggunaan cloud storage.

Seagate Archive HDD 8TB ini dijual seharga 3.2 juta rupiah. Bagi kamu yang memiliki banyak sekali data untuk disimpan dan dibackup, Seagate Archive HDD 8TB merupakan pilihan yang sangat tepat.

Tertarik untuk memilikinya?

via seagate

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Agung Suhendro

    Buat Backup Lumayan Lah ….