Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

0

Xiaomi Merilis Tablet MiPad 2 dengan Pilihan OS Windows 10 atau Android, Pilih Mana?

Brand yang tengah menjadi idola saat ini, Xiaomi, memang merilis tablet andalannya Xiaomi Mi Pad 2 dalam dua versi OS yaitu Android dan Windows 10. Hal ini menjadi suatu keuntungan bagi kita selaku konsumen karena bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Tetapi mana yang sebaiknya dipilih?

Berikut ini beberapa ulasan sekaligus pertimbangan yang bisa kamu jadikan acuan untuk menentukan apakah memilih Xiaomi Mi Pad 2 versi Android ataukah Xiaomi Mi Pad 2 versi Windows 10.

 

Spesifikasi Sama

Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

Tidak ada yang beda antara specs Xiaomi Mi Pad 2 versi Android dan Windows 10. Hanya saja ketersediaan storage untuk versi Android memiliki pilihan 16GB dan 64GB, sedangkan di versi Windows 10 hanya 64GB saja.

Hal itu wajar mengingat 16GB storage bakal langsung penuh jika digunakan untuk full desktop OS sekelas Windows 10.

Namun untuk spesifikasi hardware lainnya sama persis, yaitu:

  • Processor Intel Atom X5-Z8500 quad-core 2.24 GHz
  • 2GB RAM
  • Internal storage 16/64GB (Android), 64GB (Windows 10)
  • Layar IPS LCD 7.9 inch beresolusi 1536 x 2048 px (326 ppi)
  • Kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP
  • Port USB Type-C
  • Tidak ada dukungan microSD

 

Kualitas Sama

Tidak ada perbedaan antara kualitas Xiaomi Mi Pad 2 Android dengan Windows 10. Tampilan layar keduanya jernih dan tajam, audio juga kencang dengan bass yang terasa, finishing desain dan body juga bagus.

Baca juga:  Microsoft Berhasil Mengakuisisi SwiftKey Senilai 3,4 Triliun Rupiah

Bahkan untuk tablet dengan harga yang cukup terjangkau di kelasnya, Xiaomi Mi Pad 2 tergolong menjadi salah satu yang terbaik secara kualitas diantara tablet buatan negeri tirai bambu lainnya.

 

Pertimbangan Memilih

Baik Android maupun Windows 10 merupakan OS yang sama-sama powerful. Keduanya juga sama-sama memiliki dukungan aplikasi yang sangat lengkap.

Android memiliki banyak sekali pilihan apps di Google Play, sedangkan meskipun Windows Store apps tak sepenuh Google Play Store, namun Windows 10 memiliki berbagai pilihan software desktop yang lengkap dan powerful.

Untuk itu bagi kamu yang bingung memilih, berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang bisa kamu gunakan.

 

Mobile Apps vs Desktop Software

Tidak bisa dipungkiri bahwa Android memiliki banyak sekali pilihan aplikasi di Google Play Store. Mulai dari game, sosial media, berita, tool, hingga aplikasi produktivitas juga ada.

Rasa-rasanya aplikasi apapun yang kamu butuhkan sudah ada disana. Namun kamu perlu tetap ingat bahwa sampai saat ini nature dari aplikasi Android tersebut adalah mobile apps.

Jadi jika yang memang sering kamu perlukan adalah aplikasi mobile, maka memilih Xiaomi Mi Pad 2 versi Android adalah pilihan tepat.

Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

Namun cukup berbeda dengan hal itu, aplikasi Windows 10 di Windows Store memang belum sebanyak di Google Play, tetapi OS ini sangat powerful dengan dukungan full power desktop software!

Baca juga:  Inilah 11 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Berbagai aplikasi desktop powerful seperti Photoshop maupun foto editor lainnya, berbagai macam game, Microsoft Office versi PC, serta software produktif lainnya bisa dijalankan di Windows 10.

Jadi jika kamu lebih banyak membutuhkan akses terhadap desktop software secara mobile, maka memilih Xiaomi Mi Pad 2 versi Windows 10 merupakan pilihan yang sangat tepat.

Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

 

Hiburan vs Produktivitas

Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

Baik Android maupun Windows 10 memang bisa dijadikan sebagai media hiburan dan produktivitas, tetapi harus diakui bahwa salah satu OS kuat di salah satu kecenderungan.

Android dengan banyaknya aplikasi sosial media, game, dsb menjadi cenderung lebih powerful saat digunakan untuk media hiburan. Meskipun tentu kamu tetap bisa produktif dengan adanya aplikasi Office, Mail Client, dsb.

Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

 

Di sisi lainnya Windows meskipun juga memiliki aplikasi sosial media, game, dan hiburan lainnya, namun power utamanya terletak di produktivitas yang memanfaatkan keunggulan sotftware desktop.

Microsoft Office di Windows 10 tentu lebih powerful dalam mendukung produktivitas karena nature nya yang memang diperuntukkan bagi desktop, termasuk juga berbagai aplikasi lain seperti mail client, browser, dsb.

Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

Perlu diingat bahwa meskipun ada banyak sekali game powerful untuk Windows 10, namun dengan 2GB RAM dan integrated GPU Intel HD Graphics yang dimiliki oleh Xiaomi Mi Pad 2 kamu tidak akan bisa menikmati game dengan lancar, terutama untuk beberapa game yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Baca juga:  5 Hal yang Perlu Diketahui Developer tentang Project Islandwood

Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

Tetapi untuk menjalankan game lain yang lebih ringan, atau menyelesaikan berbagai kegiatan produktif, Windows 10 tidak diragukan lagi.

 

Tablet vs “Mobile Desktop”

 

Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

Dengan memilih Xiaomi Mi Pad 2 versi Android maka kamu akan mendapatkan sebuah tablet dengan experience tablet yang maksimal.

Namun dengan memilih Xiaomi Mi Pad 2 versi Windows 10 kamu bisa mendapatkan experience tablet melalui Tablet Mode, plus experience desktop melalui Desktop Mode.

Ini membuat kamu seolah memiliki Desktop yang bisa kamu bawa kemana-mana dengan mudah dalam bentuk tablet.

Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

Namun ada sedikit kompensasi yang perlu kamu ketahui, bahwa dengan layar berukuran 7.9 inch beberapa desktop software yang tidak support Windows scaling bakal memiliki UI yang tampak sangat kecil, misalnya saja di bagian menu, tombol, dsb.

Untuk desktop software lain yang sudah support Windows Scaling maka tidak akan ada masalah sama sekali. Semua teks, menu, dsb bakal tampak besar karena secara default Xiaomi Mi Pad 2 versi Windows 10 menggunakan opsi scaling 200%.

 

Selera & Kebutuhan

Xiaomi Mi Pad 2 Android vs Windows 10, Pilih Mana?

Akhirnya semua kembali ke selera dan kebutuhan kamu masing-masing, ingin memilih Xiaomi Mi Pad 2 versi Android ataukah Windows 10.

Kamu bahkan juga bisa memilih original Xiaomi Mi Pad versi awal jika memang pertimbangan kamu adalah masalah harga.

Namun dengan beberapa poin pertimbangan diatas, WinPoin harap bisa mempermudah kamu dalam menentukan pilihan yang tepat.

images via techtablets

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.