Windows 10 menggunakan page file untuk menyimpan data yang tidak bisa disimpan oleh RAM ketika penuh. Page file yang juga dikenali sebagai swap file atau paging file yang disimpan dalam hardisk pengguna.

Secara default, page file terletak di C:\pagefile.sys dan tersembunyi yang artinya kamu perlu mengaktifkan opsi view hidden file terlebih dahulu jika ingin melihatnya.

Jika ingin, kamu bisa mengenkripsi Page file. Hal ini dapat mencegah orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin membaca isi dari Page file. Selain melalui Command Prompt, kamu juga bisa melakukannya melalui Registry Editor.

Pada artikel kali ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara untuk mengenkripsi Page file di Windows 10 melalui Registry Editor.

Tutorial Tweak lainnya :

Enkripsi Page File di Windows 10 melalui Registry Editor

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\FileSystem.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada key NtfsEncryptPagingFile kemudian ganti valuenya menjadi 1. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.
  4. Done.

Setelah proses selesai, maka kamu perlu restart Windows 10 untuk mendapatkan perubahannya. Dengan begitu, maka Page File akan terenkripsi.

Untuk menon-aktifkan enkripsi pada Page File, kamu dapat melakukan langkah yang sama seperti diatas dan menggantinya menjadi 0 pada langkah ke-3.

  Aksesoris Gadget Murah Tapi Bagus..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.