Tentu kamu tahu bahwa, Windows 10 memiliki build-in SSH baik untuk client atau server. Fitur ini sudah ada semenjak Windows 10 versi 1803. Jadi dengan adanya fitur SSH bawaan Windows 10, maka kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi SSH pihak ke-3 seperti PuTTY.

Perlu kamu ketahui bahwa Microsoft menghadirkan SSH di Windows 10 sebagai fitur opsional, itu artinya kamu perlu menginstallnya terlebih dahulu secara manual melalui optional feature di Settings. Atau uninstall jika kedepannya tidak membutuhkannya lagi.

Generate Key SSH di Windows 10

  1. Buka Command Prompt.
  2. Ketikan perintah ssh-keygen untuk generate key SSH.
  3. Kamu diharuskan untuk menentukan lokasi dimana file akan disimpan, atau kamu dapat membiarkannya secara default tersimpan pada C:\users\.ssh\id_rsa dengan cara tekan enter.
  4. Selanjutnya ada memberikan passpharse, kamu dapat skip dengan menekan tombol enter. Lakukan hal yang sama sebagai konfirmasi.
  5. Maka key SSH akan terbuat, dimana algoritma yang digunakan secara default adalah RSA 2048.
  6. Done.

Setelah proses selesai maka kamu akan mendapati file id_rsa.pub pada folder yang ditentukan sebelumnya (defaultnya adalah C:\users\.ssh). Kamu dapat membagikan key tersebut ke client yang ingin mengakses SSH.

Selain menggunakan algoritma RSA, juga terdapat opsi algoritma lain seperti DSA, ECDSA (dengan ukuran 256, 384, atau 521), dan ED25519. Berikut contoh perintah jika ingin generate key SSH dengan custom algoritma.

ssh-keygen -t rsa -b 15360
ssh-keygen -t ecdsa -b 384

That’s it!

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.