Semenjak Windows 10 build 17063, Microsoft menambahkan beberapa opsi pada menu Privacy di Settings dimana kamu dapat mengatur permission pada Library/data folders, microphone, calendar, user account info, file system, location, contacts, call history, email, dan messaging.

Terbaru pada Windows 10 build 19536 yang dirilis minggu lalu, terdapat opsi baru dimana kamu dapat mengizinkan aplikasi untuk mengakses folder Downloads atau tidak.

Baca juga:

Mencegah Aplikasi Mengakses Folder Downloads di Windows 10 dengan Registry Editor

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\CapabilityAccessManager\ConsentStore\downloadsFolder.
  3. Pada panel kanan, klik kanan dan pilih New – String Value. Lalu beri nama Value (jika key tersebut sudah ada, maka kamu bisa skip part ini).
  4. Klik 2x pada key value, lalu masukan Deny. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
  5. Done.

Setelah proses selesai, maka aplikasi yang kamu dapatkan dari Microsoft Store tidak akan bisa mengakses folder Downloads. Pengaturan ini juga berlaku pada semua user yang ada pada perangkat tersebut.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sama seperti diatas lalu mengganti value menjadi Allow pada langkah ke-4.

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.