Di Windows 10, network adapter berfungsi sebagai penghubung antara sistem dengan koneksi internet, baik menggunakan koneksi dengan atau tanpa kabel (Wireless). Tentunya mengetahui besarnya koneksi yang digunakan merupakan suatu keharusan.

Misalnya saja, mengetahui seberapa besar kecepatan yang dihasilkan melalui adapter terkait apakah sesuai dengan spesifikasi teknis. Atau ketika tidak ada informasi yang mendetail mengenai kecepatan yang dihasilkan.

Windows 10 sendiri menyediakan cara mudah dimana kamu bisa mengetahui kecepatan yang disediakan oleh ISP, baik menggunakan Wifi ataupun Ethernet, yakni melalui GUI seperti Settings dan Control Panel. Tetapi alternatif lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan Command Prompt.

Mengetahui Kecepatan Koneksi Wi-Fi dan Ethernet pada Windows 10 dengan Command Prompt

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Kemudian ketikan perintah dibawah ini dan tekan enter pada keyboard.
    wmic nic where netEnabled=true get name, speed
  3. Hasil output akan keluar dimana akan tertera informasi dari setiap adapter yang sedang aktif di Windows 10. Angka pada bagian Speed sendiri ditampilkan menggunakan satuan Kb (kilobytes).
  4. Done.

Sayangnya hingga saat ini, Windows 10 tidak menyediakan fitur bawaan yang dapat menampilkan kecepatan internet secara real time. Alternatifnya, kamu dapat memanfaatkan software pihak ke-3 seperti NetSpeedMonitor.

Tips mengetahui kecepatan koneksi yang disediakan oleh provider ini dapat digunakan juga untuk Windows 7 dan Windows 8.x.

  HP Gaming Terbaik 2019..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.