Windows 10 memang cukup keren dengan segudang fitur didalamannya. Tetapi ibarat 2 sisi koin, selain terdapat fitur yang membuat orang suka dan ada juga yang membuat orang tidak menyukainya, dan salah satunya adalah Advertising ID.

Sebelumnya bagi kamu yang tidak mengetahui apa itu ‘Advertising ID‘. Advertising ID adalah salah satu fitur dari Microsoft untuk penyediaan layanan iklan dari Windows 10 yang lebih relevan.

Pada dasarnya fitur ini mengambil data yang dikumpulkan, kemudian menampilkan iklan kepada pengguna. Tentunya tidak semua orang suka dengan adanya iklan ini, dan mungkin kamu juga termasuk salah satunya.

Jika iya, maka kamu bisa mematikannya. Untuk itu, kamu bisa mematikannya dengan melakukan sedikit konfigurasi melalui Group Policy Editor.

Baca juga:

Menonaktifkan Advertising ID di Windows 10 dengan Group Policy Editor

  1. Buka Group Policy Editor.
  2. Navigasi ke Computer Configuration\Administrative Templates\System\User Profile.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada opsi Turn off the advertising ID.
  4. Pilih opsi Enabled dan klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  5. Restart Windows 10.
  6. Done.

Setelah proses selesai, maka Windows 10 akan berhenti mengambil data yang diperlukan untuk menampilkan iklan yang relavan.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu dapat melalui langkah-langkah yang sama seperti diatas lalu mengganti opsi menjadi Not Configured pada langkah ke-4.

  Android 11 Mundur, Fitur Baru Twitter dan YouTube 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.