Secara default, Microsoft mengintegrasikan Cortana ketika Windows 10 dalam keadaan terkunci (Lock Screen), sehingga dapat membuat kamu untuk berinteraksi dengan Cortana jika ingin.

Namun mengingat Cortana yang saat ini tidak begitu reliable, khususnya untuk pengguna Windows 10 di Indonesia. Maka keberadaan Cortana pada lock screen kurang begitu diminati, untuk itu kamu mungkin perlu mematikannya.

Cara tercepat bisa kamu ambil melalui Settings > Cortana > Talk to Cortana, lalu swipe ke Off pada opsi Use Cortana even when my device is locked.

Cara lain yang dapat kamu tempuh adalah dengan menggunakan sedikit tweak pada Registry Editor.

Baca juga:

Nonaktifkan Cortana pada Lockscreen di Windows 10 dengan Registry Editor

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Speech_OneCore\Preferences.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada key VoiceActivationEnableAboveLockscreen. Jika tidak ada, maka kamu perlu membuatnya terlebih dahulu dengan cara klik kanan dan pilih New – DWORD (32-bit).
  4. Lalu masukan value 0 untuk nonaktifkan Cortana pada lock screen. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  5. Done.

Setelah proses selesai, maka Cortana tidak akan lagi muncul pada layar lock screen.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu dapat melalui langkah-langkah yang sama seperti diatas dan mengganti value menjadi 0 pada langkah ke-4.

  Buat yang Butuh Hape Baterai Monster! 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.