Home PC Cara Menambahkan Folder Apapun ke Start Menu di Windows 10

Cara Menambahkan Folder Apapun ke Start Menu di Windows 10

Pada Start Menu di Windows 10, terdapat All apps yang isinya menampilkan semua modern apps serta desktop app yang terinstal. Selain itu juga terdapat folder-folder tentu seperti folder software ataupun folder sistem yang tidak dapat kamu tambahkan folder baru lagi.

Tetapi untungnya dengan sedikit trik, maka kamu dapat menambahkan folder apapun ke App list di Start Menu Windows 10. Dengan begitu, kamu dapat mengakses folder tersebut dengan cepat. Berikut langkah-langkahnya.

Menambahkan Folder Apapun ke Start Menu

Pertama buatlah shortcut pada folder yang kamu sematkan pada App list. Caranya klik kanan pada folder tersebut lalu pilih Create shortcut.

cara menambahkan folder apapun ke start menu (1)

Akan terbentuk shortcut folder yang baru. Setelah itu navigasilah ke path ini (gunakan Windows RUN untuk mempercepat proses).

C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs

cara menambahkan folder apapun ke start menu (2)

Kemudian pindahkan shortcut folder tadi (CTRL + X), lalu paste-kan pada folder tersebut.

cara menambahkan folder apapun ke start menu (3)

Dengan begitu shorcut folder tersebut akan muncul pada app list. Sebagai tambahan, kamu juga dapat menghapus kata Shortcut pada folder tersebut dengan me-renamenya pada path diatas.

cara menambahkan folder apapun ke start menu (4)

That’s It!

 

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.