Home PC Cara Mengganti Nama Folder User di Windows 10

Cara Mengganti Nama Folder User di Windows 10

Cara Mengganti Nama Folder User di Windows 10 (1)

Pada ekosistem Windows, sistem akan menyimpan setiap user pada Windows dalam sebuah folder user profile. Dimana didalam folder tersebut berisikan semua file-file yang berhubungan dengan user terakit seperti Desktop, Documents, Downloads, dsb.

Nama dari folder tersebut diberikan berdasarkan nama User pada saat dibuat. Tetapi jika kamu terfikir untuk merubahnya, maka itu tidak akan mudah karena kamu tidak bisa me-rename folder tersebut semudah mengganti nama folder biasa. Diperlukan sedikit trik agar kamu dapat menggantinya sesuai keinginan.

Maka dari itu, berikut WinPoin akan memberikan tutorial agar kamu dapat mengganti nama folder user profile di Windows 10.

Mengganti Nama Folder User di Windows 10

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui SID (security identifier) dari folder yang ingin kamu ganti namanya. Cara buka Command prompt as Administrator, kemudian ketikan perintah wmic useraccount list full. Hasilnya kurang lebih seperti dibawah ini.

Cara Mengganti Nama Folder User di Windows 10 (1)

Perhatian pada bagian SID, dimana itu merupakan value pada akun yang ingin kamu ganti nama foldernya. Copy value dari SID tersebut dan pastikan nama dari folder juga sudah benar. Kemudian navigasi ke folder Profile (biasanya di C:\Users\), lalu rename folder yang kamu inginkan.

Cara Mengganti Nama Folder User di Windows 10 (2)

Belum selesai sampai disitu, buka Windows Run (Win + R) dan ketikan regedit untuk membuka Registry Editor.

Cara Mengganti Nama Folder User di Windows 10 (3)

Kemudian navigasi ke path HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\ProfileList. Pada bagian subfolder ProfileList, cari SID yang sama dengan yang ada pada Command Prompt.

Cara Mengganti Nama Folder User di Windows 10 (4)

Jika sudah klik 2x pada subfolder tersebut. Pada panel kanan, klik 2x pada key ProfileImagePath dan ganti sesuai dengan nama baru yang diberikan.

Cara Mengganti Nama Folder User di Windows 10 (5)

Terakhir, tutup jendela Registry Editor dan reboot ulang sistem.

That’s it, itu dia cara untuk mengganti nama folder users. Trik ini tidak hanya bekerja pada Windows 10 saja, kamu juga bisa mengaplikasikannya pada versi dibawahnya seperti Windows 7, atau Windows 8.x

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.