Cara Menghapus Dualboot Windows

Cara Menghapus Dualboot Windows

4

caramenghapuswindows_0

Pernahkah kamu mencoba untuk dual boot sistem operasi Windows, misalnya saja Windows 7 dengan Windows 8? (Baca: Cara Dual Boot Windows 7 dengan Windows 8). Terkadang setelah membuat dual boot tersebut kita ingin menghapusnya karena suatu alasan. Namun sayangnya tidak sedikit dari kita yang tidak tahu bagaimana cara menghapus OS dual boot tersebut dengan benar. Untuk itulah di tutorial kali ini WinPoin akan memberikan panduan untuk menghapus dual boot Windows. Di contoh ini WinPoin akan menghapus OS Windows 8.1 dari dual boot nya dengan Windows 7, tetapi kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk dual boot sistem operasi Windows lainnya.

Pertama buka kotak run di OS utama dengan menggunakan kombinasi tombol (Winkey+R). lalu ketikan “msconfig“.
caramenghapuswindows_1
Setelah terbuka jendela konfigurasi sistem, arahkan ke tab “boot” lalu hapus boot entry windows 8.1 lalu “Delete“. Setelah boot entry windows 8.1 sudah terhapus pilih OK.
caramenghapuswindows_2
Proses ini membutuhkan restart, jadi jika ada program yang belum di-save pastikan kamu save terlebih dahulu.
caramenghapuswindows_3
Setelah komputer melakukan restart, tahap selanjutnya adalah menghapus partisi Windows 8.1. Buka Disk management (gunakan fitur search untuk mencarinya) lalu pada bagian partisi Windows 8.1 klik kanan dan pilih “Delete Volume“.
caramenghapuswindows_4
Setelah itu akan muncul peringatan bahwa semua data dalam partisi tersebut akan terhapus, jadi pastikan kamu sudah membackup data-data penting ke partisi lain atau ke penyimpanan eksternal. Pilih Yes untuk melanjutkan proses.
caramenghapuswindows_5
Terakhir maka partisi Windows 8.1 akan terhapus dan berubah menjadi Unallocated.
caramenghapuswindows_6

selanjutnya kamu dapat mengekstend (menambahkan) partisi Unallocated tersebut ke partisi Windows 7 atau kamu dapat membuat partisi baru lagi (Baca: Cara Membuat Partisi di Windows 7).
Nah itulah cara untuk menghapus dual boot Windows, mudah sekali bukan? Jika kamu mendapat kesulitkan ketika menjalankan instruksi yang ada di artikel, silahkan langsung saja tanyakan di Forum WinPoin. Sampai jumpa di Forum :)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • Whyu Wa

    klo booting di bios error gmn, padahal set booting udah di hardisk kya biasanya tapi pas mau masuk ke windows slalu minta boot lagi lewat cd/flasdisk

  • saya pakai cara ini tapi kok malah nggak bisa boot dari os yang mau saya pakai, keterangannya ntldr is missing

  • Aji Setiawan

    Berhasil… Terima kasih banyak winpoin

  • Han’s

    mas saya baru upgrade windows ke windows 10, tapi touchpad saya malah jadi gak jalan mas? mohon bantuannya