Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Windows Registry!

Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Windows Registry!

1

Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Windows Registry!

Tidakkah terpikirkan oleh kamu sejak kapan Windows Registry ada? Apa sebenarnya kegunaan Windows Registry? Dimana kita bisa mengedit Windows Registry? Kali ini WinPoin bakal membahas tuntas tentang Windows Registry.

 

Apa itu Windows Registry??

Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Windows Registry!

Windows Registry ada sebuah pusat database yang digunakan di Windows 98, Windows CE, Windows NT dan Windows 2000 yang berisi konfigurasi dari masing-masing user komputer, meliputi hardware dan software.

Lebih jelasnya Registry berisi setiap informasi tentang sistem operasi seperti user profile, aplikasi yang terinstall di komputer, tipe dokumen ketika dibuat, folder dan icon dan port yang sedang digunakan.

Singkatnya, sistem operasi Windows menyimpan pengaturan sistem, konfigurasi hardware dan prefensi user di dalam database yang disebut Windows Registry. Ketika hardware baru dipasang di komputer, user mengganti background, user menginstall software, informasi itu akan disimpan di Registry. Karena itulah kita perlu berhati-hati saat mengutak-atik registry karena bisa menyebabkan masalah pada sistem operasi.

 

Apa Kegunaan Windows Registry?

Registry adalah sebuah inti dari sistem operasi Windows. Ini sangat penting, tanpa Registry Windows tidak akan pernah berjalan. Ketika sebuah hardware atau software baru dipasang pada Windows, sebuah informasi akan disimpan ke dalam Registry. Hal ini memungkinkan Windows untuk membaca apa hal-hal yang diperlukan untuk menjalankan software atau hardware tersebut, misalkan saja mouse memerlukan driver.

Baca juga:  Surface 3 Clone: Jumper EZpad 5SE Dirilis dengan Harga 2.4 Juta Rupiah

 

Struktur Registry

Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Windows Registry!

Seperti yang sudah kamu ketahui kalau Resgitry adalah sebuah pusat database yang berisi banyak informasi tentang konfigurasi dari sistem Windows. Registry mempunyai struktur bercabang seperti pohon, folder/file. Kamu memiliki kunci utama atau biasa disebut Hive, kemudian Keys, Subkeys dan Value.

Hive adalah struktur utama dalam percabangan di registry, masing-masing hive berisi kategory tertentu. Sebagai contoh, salah satu hive mungkin berisi konfigurasi untuk user login, di sisi hive lain untuk mengatur konfigurasi hardware yang terpasang pada komputer. Hive tergantung juga dari versi Windows yang digunakan, ada 5 sampai 6 hive yang berbeda.

Berikut ini 6 hive yang mungkin ada di versi Windows yang kamu gunakan:

  • HKEY_CURRENT_USER (HKCU)
    Hive ini berisi prefrensi dan konfigurasi untuk user tertentu saat login. Jika pengguna lain login dan membuka hive ini, isinya akan berbeda sesuai dengan konfigurasi yang ia lakukan.
  • HKEY_LOCAL_MACHINE (HKLM)
    Hive ini berisi konfigurasi untuk komputer yang sebenarnya. Informasi dalam Hive ini tetap sama pada semua user saat login.
  • HKEY_CLASSES_ROOT (HKCR)
    Hive ini berisi tentang informasi inti dari user interface seperti file associations dan shortcut.
  • HKEY_USERS (HKU)
    Hive ini berisi tentang informasi user untuk semua user yang pernah login ke komputer tersebut.
  • HKEY_CURRENT_CONFIG (HKCC)
    Hive ini berisi tentang informasi tentang konfigurasi hardware saat ini. Hive ini terhubung dengan hive HKLM.
  • HKEY_DYN_DATA (HKDD)
    Hive ini hanya dapat ditemukan di Windows 95/98/ME. Berisi tentang informasi hardware Plug and Play. Hive ini terhubung dengan hive HKLM.
Baca juga:  Review Microsoft Windows 10 Insider Preview Build 10162

Keys adalah pengatur pengelompokkan dalam registry. Keys seperti wadah yang berisi Values atau SubKeys. Subkeys di dalam Keys bahkan bisa berisi SubKeys, jadi Keys bekerja seperti Folder.

Values adalah data yang disimpan dalam Keys atau SubKeys. Ada beberapa values yang bisa disimpan dalam Registry, namun yang paling umum adalah binary, strings dan DWORD.

 

Penjelasan lebih lanjut mengenai Registry:

Misalkan saja kamu melihat Registry dari start page di Internet Explore:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Internet Explorer\Main\\Start Page

Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Windows Registry!

HKEY_CURRENT_USER adalah hive yang terhubung dengan Keys.
Software adalah Keys.
Microsoft adalah SubKeys.
Internet Explorer adalah SubKeys.
Main adalah SubKeys.
Start Page adalah value yang menyimpan data.

Baca juga:  Cara Menghapus Windows Old

 

Dimana Registry disimpan??

Registry sendiri disimpan di komputer dalam file tertentu. Dibawah ini detail dari file dan lokasi yang disimpan oleh Registry berdasarkan versi Windows.

Untuk Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003, file Registry disimpan di folder:

%SYSTEMROOT%\System32\Config
%USERPROFILE%\ntuser.dat

Nama file dari file Registry tersebut biasanya:

Sam, Sam.log, Sam.sav
Security, Security.log, Security.sav
Software, Software.log, Software.sav
System, System.alt, System.log, System.sav
System, System.alt, System.log, System.sav, Ntuser.dat, Ntuser.dat.log
Default, Default.log, Default.sav

Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Windows Registry!

Untuk Windows 98, file Registry biasanya bernama User.dat dan System.dat dan disimpan di folder C:\Windows.

Untuk Windows Millenium Edition, file registry biasanya disimpan dengan nama Classes.dat, User.dat dan System.dat yang berada di folder C:\Windows.

 

Sudah mengerti tentang Registry bukan? Jadi kamu harus berhati-hati ketika mengedit registry karena dampak akan sangat buruk ketika kamu salah mengedit, bahkan sistem operasi Windows kamu bisa-bisa tidak dapat digunakan. Jadi jangan lupa dibackup dulu yah registry nya sebelum kamu oprek-oprek.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.