Pengertian VGA Card? Dan Apa Fungsi VGA Card??

By  |  0 Comments

Jika kamu seorang gamer atau seorang desainer atau seseorang yang berhubungan dengan multimedia, pasti tahu pernah mendengar VGA. Tetapi untuk orang awan mungkin bingung dengan kata VGA, kali ini WinPoin akan membahas apa pengertian VGA card, fungsi VGA card dan jenis VGA. WinPoin akan membahas secara tuntas seluk beluk tentang VGA.

 

Apa itu VGA?

Pengertian VGA Card? Dan Apa Fungsi VGA Card??

Jika kamu bertanya-tanya apa itu VGA? Pengertian VGA secara singkat adalah sebuah hardware yang dapat melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan di monitor. Visual Graphics Array atau yang biasa disebut dengan video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. VGA sering digunakan untuk komputer yang beresolusi 640×480 yang sekarang ini VGA sudah tidak digunakan lagi. VGA jaman sekarang sudah menggunakan Graphic Accekerator chip yang mampu melakukan rendering 3D dan ditampilkan di layar monitor.

Untuk menggunakan VGA, kamu hanya perlu menancamkannya di motherboard dan menghubungkannya ke monitor. Struktur VGA mirip dengan komputer, VGA memiliki processor yang disebut GPU ditambah dengan memori. Processor membutuhkan listrik untuk bekerja dan karena adanya listrik yang mengalir, ia juga membutuhkan pendingin atau heatsink untuk mengurangi panas. Jika terjadi overheat maka VGA card bisa rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

 

Fungsi VGA Card

Setelah kamu mengetahui pengertian VGA card, kini WinPoin akan memberitahukan kamu fungsi VGA card. Fungsi VGA Card atau yang disebut juga sebagai Graphic Card ataupun Video Card, adalah fungsi untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke monitor untuk menampilkan grafis. Seperti yang sudah kamu ketahui kalau VGA menciptakan output ke monitor, jika kamu menggambar atau mendesain atau bermain game, VGA sangatlah penting kamu miliki. Ada banyak perusahaan yang menciptakan VGA, diantaranya ada NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.

Pengertian VGA Card? Dan Apa Fungsi VGA Card??

 

Jenis-Jenis VGA

VGA card memiliki jenis-jenis yang dibedakan berdasarkan memori yang digunakannya, berikut ini ada 5 jenis-jenis VGA card yang perlu kamu ketahui:

 

DRAM (Dynamic RAM)

VGA card yang menggunakan memori DRAM (Dynamic RAM) memiliki kecepatan 80ns atau 70 ns, ada juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang memiliki DRAM (Dynamic RAM) berlapis. DRAM (Dynamic RAM) banyak digunakan oleh VGA card 8, 16 atau 32-bit. Penggunaan DRAM (Dynamic RAM) ditujukan untuk komputer entry level yang tidak memerlukan warna dan kecepatan tinggi dalam merendering grafis.

Pengertian VGA Card? Dan Apa Fungsi VGA Card??

 

EDO RAM

VGA card yang menggunakan memori EDO RAM memiliki kecepatan 60 ns sampai 35 ns, EDO RAM banyak ditemui pada VGA card 64-bit.

 

VRAM (Video RAM)

VGA card yang menggunakan VRAM (Video RAM) memiliki kecepatan 20 atau 10 ns, VRAM (Video RAM) lebih mahal dibandingkan DRAM karena kecepatannya untuk melakukan rendering. Penggunakan VRAM (Video RAM) untuk VGA biasanya digunakan untuk komputer high level atau untuk desain grafis.

 

SGRAM (Synchronous Graphic RAM)

VGA card yang menggunakan SGRAM (Synchronous Graphic RAM) memiliki kecepatan kurang dari 10 ns, SGRAM dikembangkan berdasarkan SDRAM pada memori komputer. SGRAM (Synchronous Graphic RAM) banyak digunakan untuk VGA card kelas tinggi yang mempunyai kemampuan 3D accelerator.

Pengertian VGA Card? Dan Apa Fungsi VGA Card??

 

RAMBUS

VGA card yang menggunakan RAMBUS jumlahnya sangat sedikit, biasanya VGA berjenis RAMBUS digunakan oleh konsol-konsol game seperti Nitendo atau Sega.

 

Jenis-Jenis I/O VGA card

Untuk memasak VGA card, ada beberapa jenis bentuk slot peripheral yang ada di dalam motherboard, berikut jenis-jenis slot peripheral untuk memasang VGA card:

 

VGA ISA

VGA card ISA adalah jenis VGA card yang dimasukan di slot ISA (Industry Standard Architecture) yang memiliki sistem 8-bit atau 16-bit. VGA card jenis ini sekarang sudah tidak diproduksi lagi, karena selain kecepatan rendering yang lambat, tampilan dari hasil renderingnya pun terbilang terbatas. Teknologi slot ISA 8-bit diperkenalkan pertama kali pada tahun 1981 dan slot ISA 16-bit diperkenalkan pertama kali pada tahun 1984.

Pengertian VGA Card? Dan Apa Fungsi VGA Card??

 

VGA EISA

VGA card EISA adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot EISA (Extended Industry Standard Architecture) yang memiliki sistem 32-bit. VGA card jenis ini sudah tidak digunakan lagi sama seperti VGA card ISA karena keterbatasan pada kecepatan, kehalusan gambar, serta kombinasi warna yang dihasilkannya. Teknologi slot EISA dikenalkan pertama kali pada tahun 1988.

Pengertian VGA Card? Dan Apa Fungsi VGA Card??

 

VGA PCI

VGA card PCI adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) yang memiliki sistem 32-bit atau 64-bit. Teknologi slot PCI digunakan pertama kali pada tahun 1993. VGA card PCI pada jaman sekarang sudah jarang digunakan karena keterbatasan fitur.

Pengertian VGA Card? Dan Apa Fungsi VGA Card??

 

VGA AGP

VGA card AGP adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot AGP (Accelerated Graphics Port) yang memiliki sistem 128-bit atau 256-bit. VGA card AGP pada awalnya dibuat untuk kemampuan rendering yang lebih cepat dari CPU ke display.

Pengertian VGA Card? Dan Apa Fungsi VGA Card??

 

VGA PCIe

VGA card PCIe (PCI Express) adalah jenis VGA card yang terpasang pada slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) yang kecepatan rendering hingga 32 GByte/s. Slot PCIe adalah perkembangan dari slot PCI sebelumnya dengan kemampuan luar biasa. Teknologi ini pertama kali dipakai pada tahun 2004, pada jaman sekarang kecepatan transfer data yang besar sangat dibutuhkan.

Pengertian VGA Card? Dan Apa Fungsi VGA Card??

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.

Kolom komentar ini tidak disediakan untuk menjawab permasalahan teknis. Jika punya permasalahan teknis, silahkan langsung bertanya di Forum WinPoin.

Ingin Mencoba Windows 10 Preview Tapi Speed / Kuota Internet Terbatas?Dapatkan DVD nya!
MENU