Home Editorial 20 Tahun Wallpaper Windows XP Legendaris “Bliss”: Ini Kisah & Fotonya Sekarang

20 Tahun Wallpaper Windows XP Legendaris “Bliss”: Ini Kisah & Fotonya Sekarang

20 Tahun Wallpaper Windows XP Legendaris "Bliss": Ini Kisah & Fotonya Sekarang

Dibandingkan semua wallpaper Windows yang pernah ada, wallpaper Windows XP menurut saya adalah yang paling legendaris.

Bukan karena dibuat dengan sangat kompleks seperti Wallpaper Windows Hero di Windows 10, melainkan karena kisah dan cerita dibaliknya.

Siapa sangka wallpaper Windows XP yang legendaris itu juga dilatarbelakangi oleh kisah cinta?

 

Kisah Dibalik Bliss Wallpaper

Jadi ceritanya, Wallpaper Windows XP yang lebih populer disebut Bliss ini merupakan hasil jepretan foto dari fotografer Charles O’Rear.

Saat itu Januari 1996, dan seperti biasa di Jumat siang dia selalu mengunjungi pacarnya yang bertempat tinggal di wilayah utara San Francisco.

Sadar bahwa saat itu merupakan musim penghujan, dimana seusai hujan rumput sedang hijau-hijaunya, langit sedang cerah-cerahnya, dan pemandangan sedang bagus-bagusnya, O’Rear membawa kamera bersamanya, berjaga-jaga jika ada pemandangan bagus yang bisa dia abadikan.

Ketika tengah berkendara melalui Napa dan Sonoma untuk mengunjungi pacarnya kala itu, O’Rear mendapati pemandangan yang luar biasa cantik.

Rumputnya hijau, cahaya matahari tengah bersinar, dan langit terlihat cerah. Awalnya pemandangan tidaklah begitu sempurna seperti saat foto Bliss diambil, tetapi sembari O’Rear menyiapkan tripod dan kameranya, tiba-tiba awan mulai muncul dan berada diatas bukit itu, membuatnya semakin indah dan terlihat sempurna.

O’Rear pun mengambil sekitar 4 jepretan foto menggunakan kamera Fujifilm andalannya. Kala itu kamera masih belum digital, jadi butuh waktu untuk mengambil dari satu gambar ke gambar lainnya.

Perpaduan kamera Fujifilm miliknya dengan lensa RG 67 yang dia pilih menjadikan hasil jepretan Bliss terasa sempurna.

Tidak ada editing digital, tidak ada editan Photoshop didalamnya. Semuanya murni dari hasil jepretan O’Rear.

Lalu tibalah masa sekitar tahun 2000 – 2001, dimana O’Rear dihubungi oleh team Microsoft yang memilih Bliss untuk dijadikan sebagai wallpaper utama Windows XP.

Kala itu baik O’Rear maupun team Microsoft mungkin belum mengira bahwa Windows XP bakal booming dan digunakan di hampir semua sudut tempat.

Di era ketika monitor masih menggunakan CRT tabung, dengan warna yang masih belum bagus, lalu radiasi sinar yang juga tajam, mungkin team Microsoft memilih Bliss karena warnanya yang empuk, simple, dan menyejukkan saat dilihat.

O’Rear pun dihubungi Microsoft melalui agen nya, lalu diminta untuk mengirimkan foto aslinya. O’Rear mencoba mengirimkannya melalui jasa pengiriman populer kala itu, seperti FedEx dan yang lainnya, tetapi tidak ada yang mau mengirimkannya.

Akhirnya O’Rear menghubungi Microsoft dan dikirimkan tiket pesawat untuk pergi kesana, membawa foto Bliss langsung bersamanya. Hingga terjadilah kesepakatan kontrak, dimana Bliss digunakan di Windows XP sebagai wallpaper desktopnya.

Itulah yang terjadi sampai akhirnya Windows XP menjadi populer, wallpaper Bliss ada dimana-mana, dan foto tersebut menjadi legendaris sampai sekarang.

Bahkan Bliss bisa jadi merupakan foto pemandangan yang paling banyak dilihat dan paling dikenal hingga saat ini.

 

Bliss Saat Ini

Saat ini kondisi Bliss tidaklah sama seperti 20 tahun yang lalu. Dulu Bliss penuh dengan rerumputan, sangat hijau dan indah. Tetapi saat ini Bliss sudah menjadi lahan perkebunan.

Ini adalah foto Bliss yang diambil pada 2006 lalu, 10 tahun sejak diambil fotonya untuk wallpaper Windows XP.

20 Tahun Wallpaper Windows XP Legendaris "Bliss": Ini Kisah & Fotonya Sekarang

Dan ini adalah foto Bliss yang diambil pada 2015 lalu, 19 tahun kemudian dari saat diambilnya Bliss untuk wallpaper Windows XP.

20 Tahun Wallpaper Windows XP Legendaris "Bliss": Ini Kisah & Fotonya Sekarang

Terlihat bagaimana kondisinya sudah jauh berbeda. Mungkin jika Bliss dulu kondisinya seperti Bliss saat ini, mungkin foto nya tidak akan dijadikan sebagai Wallpaper Windows XP, dan Bliss tidak akan menjadi selegendaris saat ini.

 

Download Wallpaper Bliss

Kini bagi kamu yang ingin mengenang 20 tahun usia wallpaper legendaris “Bliss”, bisa mendownloadnya disini:

Download Wallpaper Windows XP “Bliss”

Kamu bisa menggunakannya di Windows 10, atau di Windows versi apapun yang kamu gunakan.

20 Tahun Wallpaper Windows XP Legendaris "Bliss": Ini Kisah & Fotonya Sekarang

Bahkan kamu juga bisa menggunakannya di sistem operasi lainnya jika mau, seperti Mac OS X

20 Tahun Wallpaper Windows XP Legendaris "Bliss": Ini Kisah & Fotonya Sekarang

Ataupun Ubuntu Linux

20 Tahun Wallpaper Windows XP Legendaris "Bliss": Ini Kisah & Fotonya Sekarang

Apapun OS nya, Bliss masih tampak indah saat digunakan. Karena siapapun yang besar di era Windows XP, bakal punya kenangan tersendiri dengan wallpaper legendaris ini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.