Opera Browser merupakan salah satu aplikasi favorit saya sepanjang tahun ini dan mungkin tahun sebelumnya, system operasi apapun yang saya gunakan pasti selalu saya selalu menggunakan Opera untuk berselancar di internet, seperti nulis, nonton, dan aktifitas sosial media lainnya.

Kenapa saya pilih opera? jawabannya adalah karena menurut saya opera itu simpel, dan langsung saja tinggal gunakan, dimana Adblock sudah ada, VPN tinggal diaktifkan, minim sumber daya, dan bahkan fitur DNS Over HTTPS yang diberikan memiliki provider yang bisa pengguna pilih sendiri.

DNS Over HTTPS Provider di Opera

Selain dari fitur yang sudah saya sebutkan diatas, ada juga beberapa flags experimental yang saya aktifkan demi menambah kenyamanan dalam menggunakan browser berbasis chromium ini, mau tahu apa aja itu? berikut adalah 4 Flags Experimental Favorit saya Gylang Satria, untuk Opera Browser.

Highlight Duplicate Tab On Hover

Kamu bisa mengaktifkan Flags ini dengan masuk kehalaman ‘opera://flags/#highlight-duplicate-tabs-on-hover‘, dimana fungsi dari flags ini adalah memberikan highlight pada duplicate tab yang terbuka ketika mouse kita hover ke salah satu tab tersebut.

Misalkan saya membuka empat halaman WinPoin, ketika saya hover mouse kesalahsatu tab tersebut, maka semua tab yang bersifat duplikasi akan langsung dihighlight, fitur ini cocok banget bagi kamu yang suka membuka banyak tab.

Smooth Scrolling

Kamu bisa mengaktifkan flags ini dengan masuk kehalaman berikut ‘opera://flags/#smooth-scrolling‘, ketika flag experimental ini diaktifkan, animasi ketika scrolling akan terlihat lebih smooth dan tidak terasa patah patah, btw flags experimental ini juga bisa diaktifkan pada browser berbasis chromium lain seperti Edge Chromium dan Google Chrome.

Back Forward Cache

Salah satu fitur yang cukup berguna juga, dimana dengan fitur ini pengguna yang menekan tombol back atau forward akan merasa loading internetnya lebih cepat dikarenakan proses loading akan dibantu oleh cache sebelumnya. Oya kamu bisa mengaktifkan flags ini dengan masuk kehalaman berikut ‘opera://flags/#back-forward-cache‘.

Baca Juga : Cara Aktifkan Back-Forward button caching di Google Chrome!

Parallel Downloading

Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan masuk kehalaman flags experimental berikut ‘opera://flags/#enable-parallel-downloading‘, jika kamu mengaktifkan fitur ini, kecepatan download akan diakselerasi dan akan terasa lebih cepat. Cocok banget bagi kamu yang tidak menggunakan download manager dalam aktifitas downloadnya.

Btw sama dengan dua flags sebelumnya, fitur ini juga bisa diaktifkan di browser berbasis chromium lain seperti Google Chrome dan Microsoft Edge Chromium.

Tapi kalo speed internetnya udah jelek ya gimana lagi.

Nah diatas adalah empat flags experimental favorit saya untuk Opera Browser, dan tentunya cukup membantu produktifitas dan menambah user experience juga.

Nah apakah kamu pake Opera juga? atau mungkin kamu punya Flags Experimental Favorit? silahkan berikan komentarmu dibawah guys.

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.