Home Apps 5 Aplikasi untuk Mengembalikan Data yang Hilang

5 Aplikasi untuk Mengembalikan Data yang Hilang

5 Aplikasi untuk Mengembalikan Data yang Hilang

Apa yang paling menyebalkan dari menggunakan komputer selain data penting yang tiba-tiba hilang? Entah itu karena tanpa sengaja terhapus atau karena virus dan permasalahan lainnya.

Kalau data yang hilang data biasa sih gak masalah, bisa download atau cari lagi! Tetapi kalo data yang hilang adalah koleksi foto bareng mantan..?? Mau minta dimana..? =))

Tetapi jika kamu mengalami kehilangan data, jangan buru-buru panik dulu. Kamu masih bisa menyelamatkan data tersebut dengan menggunakan aplikasi untuk mengembalikan data yang hilang pilihan WinPoin.

Ada banyak macam aplikasi dengan fungsi mengembalikan data, namun WinPoin akan memilihkan lima diantaranya. Jika kamu asing mendengar nama-nama aplikasi di bawah, ga kperlu khawatir, aplikasi-aplikasi ini sudah teruji kemampuannya.

Jadi inilah 5 aplikasi untuk mengembalikan data yang hilang pilihan WinPoin:

 

5. Wise Data Recovery (Free)

5 Aplikasi untuk Mengembalikan Data yang Hilang

Wise Data Recovery merupakan aplikasi pemulihan data yang memiliki user interface interaktif. Hampir sama dengan banyak aplikasi data recovery lainnya, aplikasi ini akan melakukan scan drive, dan setelah selesai kamu akan melihat semua file yang terhapus seperti gambar, dokumen, dan banyak lagi. Wise Data Recovery kompatibel dengan Windows XP / Vista / 7/8 / 8.1.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara cuma-cuma di web resmi mereka disini:

Download Wise Data Recovery

 

4. Pandora Recovery (Free)

5 Aplikasi untuk Mengembalikan Data yang Hilang

Pandora Recovery adalah alternatif lain untuk aplikasi data recovery di Windows. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengembalikan data lagu, gambar, film, dokumen dll. Cara kerja dari Pandora Recovery adalah dengan memindai hard drive terlebih dahulu, dan setelah pemindaian selesai, kamu bisa memilih file-file mana yang akan dikembalikan. Sayangnya, format yang di dukung oleh Pandora Recovery hanya FAT dan NTFS. Tapi bagi pengguna Windows sih, ini sudah sangat mencukupi.

Pandora Recovery bisa kamu download disini:

Download Pandora Recovery

 

3. Kernel Data Recovery (Paid)

5 Aplikasi untuk Mengembalikan Data yang Hilang

Kernel Data Recovery adalah aplikasi data recovery efektif untuk menangani partisi Windows. Hal menarik buat kamu yang ga ngerti teknis, jangan khawatir, aplikasi Kernel Data Recovery mudah untuk digunakan.

Secara teknis, aplikasi ini mengambil data yang hilang karena boot sector atau File Allocation Error Table, penghapusan disengaja, serangan virus, partisi rusak atau dihapus, diformat dll.

Kernel Data Recovery mendukung partisi FAT16, FAT 32, NTFS, sistem file NTFS5, IDE, PAN, ZIP, SCSI, SATA dan driver USB untuk memulihkan data. Kamu bisa menggunakan aplikasi Kernel Data Recovery di sistem operasi Windows 10/8 / 8.1 / 7 / Vista / XP / DOS / 2000/98/95. Sadis kan?!

Kernel data Recovery merupakan aplikasi berbayar yang versi paling bawah dibandrol harga $49 atau sekitar 650 ribu rupiah.

Tertarik mencoba? Langsung download saja versi trialnya disini.

Download Kernel Data Recovery

 

2. Stellar Phoenix Windows Data Recovery (Paid)

5 Aplikasi untuk Mengembalikan Data yang Hilang

Stellar Phoenix Windows Data Recovery adalah salah satu aplikasi data recovery paling kuat yang bisa memulihkan data hilang atau dihapus dari disk eksternal maupun internal. Aplikasi ini mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur pilihan mencari (find) canggih yang bisa membantu kamu untuk menemukan file dengan pilihan pencarian efisien.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa scanning data lebih dari 2TB! Stellar Phoenix mendukung sistem operasi Windows XP / Vista / 7/8 / 8.1 / 10 dan juga mendukung format partisi FAT, NTFS dan sistem ExFAT. Software ini juga menyediakan fitur data recovery untuk ponsel. Kamu cukup menghubungkan kartu memori atau ponsel ke PC yang sudah terisntall aplikasi ini dan scan untuk melakukan recovery data.

Sama seperti Kernel Data Recovery, Phoenix Windows Data Recovery juga dibandrol harga $49 atau sekitar 650 ribu rupiah.

Versi trialnya bisa kamu download disini.

Download Stellar Phoenix Windows Data Recovery

 

1. Recuva (Free)

5 Aplikasi untuk Mengembalikan Data yang Hilang

Dibuat oleh developer yang sama dengan aplikasi super populer CCleaner, Recuva merupakan aplikasi gratis terbaik untuk mengembalikan data yang hilang di komputer Windows kamu.

Dengan fitur-fitur yang powerfull seperti mode scan yang lebih dalam, kemampuan file recovery yang superior, dan kemampuan untuk mengembalikan file-file yang rusak dari hardisk yang di format sangat layak untuk di acungi jempol.

Kamu bisa download Racuva disini:

Download Recuva

 

Bonus: TestDisk (Free)

5 Aplikasi untuk Mengembalikan Data yang Hilang

Nah ini adalah aplikasi recovery favorit WinPoin. Hal ini karena TestDisk seringkali berhasil mengembalikan data yang hilang, bahkan mengembalikan partisi yang hilang atau terhapus adalah makanan sehari-harinya.

Namun secara tampilan dan penggunaan, TestDisk tidak semudah Recuva atau aplikasi recovery lain yang sudah WinPoin sebutkan diatas.

Jadi pada intinya TestDisk sangatlah powerful, tetapi butuh sedikit skill dan pemahaman ekstra untuk bisa menggunakannya.

Jika ke-5 aplikasi diatas tidak ada yang mampu mengembalikan data kamu yang hilang, TestDisk layak menjadi aplikasi pamungkas untuk kamu coba.

Download TestDisk

 

Itulah 5 aplikasi untuk mengembalikan data yang hilang pilihan WinPoin.

Apakah kamu pernah menggunakan salah satu diantaranya? Atau mungkin memiliki aplikasi recovery andalan lainnya? Silahkan bagikan pendapat dan experience kamu disini.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.