Home PC 5 Persiapan Sebelum Upgrade Windows 10 Fall Creators Update (Final)

5 Persiapan Sebelum Upgrade Windows 10 Fall Creators Update (Final)

Windows 10 Fall Creators Update sudah mulai dirilis resmi. Sembari menunggu giliran roll-out perilisannya, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan diri dalam menyambut update mayor terbaru Windows 10 ini. Bagi kamu yang berencana upgrade ke Windows 10 Fall Creators Update, berikut ini adalah beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan:

1. Catat Lisensi dan Product Key

5 Persiapan Sebelum Upgrade Windows 10 Fall Creators Update (Final)

Dalam banyak kasus, upgrade Windows 10 bakal berlangsung mulus tanpa masalah. Tetapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Sebelum melakukan upgrade, kamu bisa mencatat lisensi dan product key berbagai software penting yang terinstall di PC kamu, misalnya saja detail lisensi Windows, Microsoft Office, dsb.

Kamu bisa memanfaatkan software seperti Product KeyFinder.

Detail lisensi ini bakal kamu perlukan jika nanti setelah upgrade ada software atau aplikasi yang meminta aktivasi ulang.

2. Siapkan Cukup Ruang Kosong

Demi kelancaran upgrade, pastikan ada cukup ruang kosong di partisi sistem PC kamu (biasanya di Drive C). Jika partisi tersebut terlihat penuh, kamu bisa memindahkan berbagai data ke partisi lain, atau media penyimpanan eksternal lainnya. Kamu juga bisa melakukan Disk Cleanup dengan cara klik kanan drive C di file explorer > Properties > General > Disk Cleanup.

5 Persiapan Sebelum Upgrade Windows 10 Fall Creators Update (Final)

Setelah itu bersihkan berbagai sampah yang tertinggal , seperti Recycle Bin, Temporary Files, System error memory dump files, dsb dengan cara mencentangnya, lalu tekan OK.

Jika mau, kamu juga bisa bersih-bersih menggunakan tool seperti CCleaner.

WinPoin menyarankan setidaknya ada 15GB ruang kosong di partisi sistem kamu sebelum mulai melakukan upgrade.

3. Siapkan Koneksi Internet

Selama proses upgrade biasanya Windows akan mendownload file sebesar 2.5GB – 4GB. Demi kelancaran upgrade pastikan kamu menyiapkan koneksi internet yang kencang dan stabil, serta memiliki kuota setidaknya 5GB atau lebih. Hal ini karena terkadang setelah proses update selesai, berbagai update aplikasi juga akan muncul. Jadi jangan mempersiapkan jatah kuota internet yang terlalu mepet.

4. Siapkan Recovery Drive (opsional)

Cara Membuat Recovery Drive Windows 10 di USB Flashdisk

Mayoritas proses upgrade Windows 10 berjalan lancar, jadi membuat recovery media bersifat opsional. Tetapi ada keuntungan bagi kamu yang menyempatkan waktu untuk membuat recovery drive sebelum upgrade. Jadi jika nanti ada permasalahan ketika upgrade dan Windows tidak mau booting lagi, kamu bisa memanfaatkan Recovery Media ini untuk troubleshooting dan perbaikan.

Cara membuat Windows Recovery Drive bisa kamu baca di panduan WinPoin sebelumnya. (Baca: Cara Membuat Recovery Drive Windows 10 di USB Flashdisk)

5. Pindahkan Data Penting (opsional)

Jika ada data penting kamu yang masih tersimpan di Drive C (partisi sistem) Windows, kamu bisa pindahkan ke partisi lain sebelum melakukan upgrade. Langkah ini opsional, karena dalam banyak kasus proses upgrade bakal berjalan mulus tanpa menyentuh data yang tersimpan. Tetapi setiap kali upgrade saya tidak mau ambil resiko, untuk data penting selalu saya pindahkan terlebih dahulu ke partisi lain sebagai antisipasi jika proses upgrade tidak berjalan mulus sesuai harapan.

Nah itulah dia 5 persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum upgrade Windows 10 ke Fall Creators Update. Untuk spesifikasi minimum tidak perlu ragu, karena jika PC kamu mampu menjalankan Windows 10 Creators Update dengan baik, maka dipastikan bakal bisa upgrade ke Windows 10 Fall Creators Update dengan lancar.

Punya tips tambahan lain? Silakan bagikan di kolom komentar.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.