Home Phone Apakah Kamu Membutuhkan Video 4K?

Apakah Kamu Membutuhkan Video 4K?

Merekam video dengan menggunakan smartphone bukanlah suatu kegiatan yang mewah untuk masa sekarang ini. Hampir semua (dan mungkin memang semua) smartphone pasti punya fitur untuk merekam video. Namun tidak semua smartphone dilengkapi dengan kamera mewah untuk merekam video yang sangat mewah juga. Beberapa smartphone sudah diberkahi dengan kemampuan untuk merekam video beresolusi 4K.

Apakah Kamu Membutuhkan Video 4K?Untuk menggunakan resolusi 4K dengan menggunakan Lumia, diperlukan Lumia 930, 950, 1520, dan Icon. Pengaturan ini terdapat di pengaturan kamera, lalu pilih resolusi video ke 2160p. Setelah itu, nikmati sensasi video resolusi 4K. Berikut ini adalah tampilan dari pengaturan resolusi video di Lumia 930.

Apakah Kamu Membutuhkan Video 4K?

Resolusi 4K (2160p) adalah resolusi yang sangat “Wah” untuk ukuran hasil rekaman kamera smartphone. Resolusi sebesar ini menghasilkan kerapatan piksel yang sangat tinggi. Apalagi jika dilengkapi dengan fps tinggi, maka hasil video akan semakin luar biasa. Namun, apakah kita butuh resolusi sebesar itu?

Memori Besar

Ya benar. Semakin luar biasa hasil rekamannya, maka akan semakin besar pula memori yang dibutuhkan untuk menyimpan video tersebut. Bayangkan saja, video selama 20 detik bisa berukuran 200MB lebih. Bandingkan dengan 720p 30fps yang “cuma” sekitar 80 MB. Jadi, apakah kamu benar-benar butuh video beresolusi 4K?

4K, 1080p, dan 720p? Apa Bedanya?

Resolusi 4K, 1080p, dan 720p akan sangat terasa perbedaannya bila kita memutarnya di layar yang beresolusi sangat tinggi dan berukuran besar. Jika hanya diputar di layar smartphone tersebut, jujur saja saya tidak terlalu banyak menemukan perbedaannya bila diputar di layar Lumia 930. Satu-satunya perbedaan yang saya termukan hanya ukuran file yang luar biasa besar.

Kurang portabel dan kompatibel

Selain ukuran, pertimbangkan juga tentang portabilitas dan kompabilitas. Menyalin atau membagikan video 4K yang berukuran besar mungkin saja akan sangat merepotkan. Belum tentu juga semua software bisa membaca video beresolusi tinggi. Nggak enak juga kan kalo bisa merekam video 4K namun repot banget memindahkannya karena ukurannya yang gede banget, udah gitu nggak bisa diputar?

Video 4K memang akan lebih bermanfaat bila memang digunakan untuk merekam sesuatu yang “serius” dan membutuhkan detail yang tinggi.  Selain perangkat yang mampu merekam video 4K, pertimbangkan juga bila suatu saat video tersebut akan dipindahkan ke PC, tablet, atau perangkat apapun, pastikan perangkat mendukung video 4K.

Apapun pilihanmu, lakukanlah yang terbaik :)Senyum dengan mulut terbuka

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia