Sebelumnya Winpoin sudah memberikan tips terkait April Update, seperti cara download file ISO untuk April Update dan cara install April Update melalui Update Assistant. Semua cara itu adalah untuk mengantisipasi jika Microsoft lambat dalam menggulirkan update ini secara OTA (Over-the-Air). Namun tidak diduga, ternyata Microsoft kali ini penuh semangat kejar tayang, sehingga mereka juga menggulirkan April Update melalui Windows Update (Kemungkinan agar penamaan April Update tidak menjadi janggal kalau mereka merilisnya bulan Mei – Oya, meskipun di Indonesia, kita mendapatkan update ini pada tanggal 1 Mei, tapi mengacu waktu AS, kini masih 30 April).

Awalnya saya mengira bahwa ini adalah karena perangkat yang saya gunakan adalah Microsoft Surface, yang memang dijanjikan Microsoft untuk ‘sedikit diistimewakan’ dalam hal update. Namun ternyata setelah mengonfirmasi pengalaman teman-teman yang lain, mereka juga sudah mendapatkan update tersebut.

Jadi jika kamu belum mendapatkan April Update, maka segeralah membuka Settings > Update & Security > Windows Update lalu klik Check Update. Bagaimana mengetahui apakah build yang ditawarkan adalah April Update? Windows Update akan memberikan keterangan: Feature update to Windows 10, version 1803. Jika kamu mendapatkan keterangan ini, maka berarti kamu berada di jalur yang benar untuk mendapatkan April Update.

Oya, jangan lupa sebelumnya untuk melakukan persiapan guna menginstal update besar terbaru dari Windows 10 ini! Winpoin memberikan informasi menarik untuk kamu semua tentang hal ini.

Penginstalan cukup makan waktu karena menurut informasi yang saya dapati dari beberapa forum diskusi, besar build OS ini adalah sekitar 3-4GB. Jadi jika kamu memiliki kuota terbatas, segeralah mempersiapkan lebih besar dari biasanya. Usahakan juga untuk menggunakan koneksi Wi-Fi yang stabil untuk memudahkan update.

Setelah memakan waktu sekitar tiga jam karena proses persiapan dan penginstalan yang agak panjang, akhirnya saya berhasil mendapatkan April Update. Penasaran dengan fitur-fiturnya? Akan segera dibahas dalam artikel tersendiri.

Bagaimana pendapat kamu tentang April Update? Tuangkan pendapat kamu di kolom komentar!

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.