Baru baru ini, ketika saya sedang mengulik sesuatu di File Explorer Windows 11 Insider Beta Build 22623.1028 yang saya gunakan, lebih tepatnya pada bagian folder options > Launch Folder Windows in a Separate Process, tampaknya opsi tersebut tidak dapat saya enable atau disable.

Nah opsi tersebut, ketika saya enable atau disable dan perangkat saya restart, maka itu akan kembali ke posisi semua dan pengaturan tidak berjalan dengan semestinya.

Lalu pertanyaannya apakah ini adalah bug? dan apakah pengguna Windows 11 non Insider juga mendapati hal yang sama? mungkin kamu bisa coba komen dibawah guys.

Namun untuk mengatasinya tidak terlalu sulit kok, setelah melakukan navigasi di registry editor dan mencari bagian “SeparateProcess”, yang ternyata terletak di HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced, kita bisa mengubah pengaturan disable / enable Launch Folder Windows in a Separate Process melalui registry editor tersebut guys.

Cukup dengan mengubah value dword 32 bit value dari SeparateProcess menjadi 0 untuk disable dan 1 untuk enabled, setelah melakukan reboot system, pengaturan tersebut sukses diapply dan dipasangkan tanpa kembali ke pengaturan sebelumnya.

Namun yang anehnya, entah kenapa jika pengaturan kita lakukan via Folder Options, pengaturan akan kembali ke posisi sebelum kita ubah. Nah untuk lebih jelasnya mungkin akan saya jelaskan di Video berikut saja.

Saya juga penasaran apakah ini bug atau bukan?, mengingat hal ini tidak tercantum sebagai known issues di Windows 11 Insider Beta yang saya gunakan. Kika kamu mendapati hal yang sama, kamu bisa melakukan pengaturan via Registry Editor seperti diatas guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.