Salah satu fitur yang saya suka ketika menggunakan Elementary OS adalah fitur Plank (Dock) yang akan otomatis hide ketika Windows dalam keadaan Maximize. Dan sebagai pengguna Windows 10, saya juga ingin rasanya merasakan pengalaman tersebut ketika menggunakan system operasi buatan Microsoft ini.

Lalu gimana sih caranya? oke mari kita bahas.

Cara Hide Taskbar Ketika Windows Dalam Mode Maximize Di Windows 10

Untuk menerapkan behaviour tersebut, di Windows 10 kita bisa menggunakan sebuah aplikasi bernama SmartTaskbar yang bisa kamu download pada halaman Microsoft Store berikut. Dengan aplikasi ini kita bisa menerapkan perilaku dimana ketika Windows dalam mode Maximize, taskbar akan otomatis menjadi hidden atau tersembunyi.

Aplikasi ini berukuran kecil, yaitu sekitar 200 – 300 KB saja. Setelah ter download, kamu bisa menjalankan aplikasi ini yang mana dia akan berjalan di background, ditandai dengan icon SmartTaskbar yang akan hadir di System Tray.

Tidak ada User Interface pengaturan dan lainnya, dan dalam settingnya sendiri (yang mana kita bisa klik kanan Icon SmartTaskbar), hanya ada dua toggle untuk mengatifkan animations dan automatic hide.

Selain itu, setelah aplikasi terinstal dia juga akan otomatis menambahkan dirinya dalam posisi Run at Startup, bisa kamu lihat pada Task Manager > Tab Startup.

Hide Behaviour

Nah jika kamu memiliki aplikasi apapun yang sedang dalam mode Maximize Windows, meskipun itu bukan aplikasi aktif yang sedang kamu gunakan, Taskbar akan tetap dalam kondisi hide. (jika kamu pengguna Plank di Elementary OS, atau Docky, kamu harusnya sudah tidak asing lagi dengan behavior seperti ini).

Untuk memunculkan kembali taskbar, kamu bisa unmaximize (restore down) atau arahkan cursor ke area taskbar.

Unmaximize (Restore Down)
Arahkan cursor ke Taskbar

Performa dan RAM Usage

Untuk RAM Usage sendiri, ketika saya coba melihatnya melalui Task Manager, SmartTaskbar hanya memakan RAM sekitar 6.8 MB saja, dan itu tidaklah besar.

Sedangkan masalah performa, animasi ketika taskbar hide / unhide menurut saya agak sedikit lambat, namun kamu bisa mengaturnya dengan menghilangkan animasi pada settings SmartTaskbar di system Tray agar tidak ada jeda ketika hide dan unhide.

Kesimpulan

SmartTaskbar yang hanya memiliki ukuran 200 Kb ini dan hanya memakan RAM 6 Mb saja, menurut saya sudah sangat powerfull untuk memberi pengalaman yang berbeda ketika menggunakan Windows 10.

Nah bagi kamu yang ingin mencoba, kamu bisa mendownload SmartTaskbar pada halaman Microsoft Store berikut.

  Sport Earphone Terbaik dari Huawei..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.