Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara memasang proxy pada browser Mozilla Firefox.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu Proxy. Proxy atau Server Proxy sendiri pada dasarnya merupakan sebuah sistem komputer atau aplikasi yang diinstall di komputer yang berperan sebagai perantara antara perangkat dan internet. Dengan kata lain, menuju ke internet maka akan terhubung dengan proxy terlebih dahulu.

Inilah mengapa kamu bisa membuka situs-situs yang diblokir atau tidak boleh dibuka. Proxy akan melakukan prosses request dari komputer kamu ke internet.

Berbeda dengan browser lain seperti Edge Chromium, Opera, ataupun Google Chrome, Mozilla Firefox memiliki fitur konfigurasi Proxy bawaan. Sehingga kamu tidak perlu melakukan konfigurasi Proxy secara terpusat di pengaturan sistem operasi.

Konfigurasi Proxy di Mozilla Firefox

  1. Buka browser Firefox.
  2. Buka Options (about:preferences), lalu masukan keyword ‘Proxy’ pada kolom pencarian. Ketika hasilnya muncul, klik opsi Settings.
  3. Klik opsi Manual proxy configuration, lalu masukan IP address dan Port dari Proxy yang kamu inginkan. Selain itu pada bagian bawah, Kamu juga bisa memasukkan daftar URL yang tidak ingin kamu akses dengan Proxy jika mau, pisahkan masing-masing daftar URL dengan menggunakan tanda titik koma (;). Jika sudah klik OK.
  4. Done.

Setelah proses selesai, maka kamu bisa mengujinya dengan cara mengidentifikasi IP sendiri. Jika Proxy berkerja, maka IP yang tertampil akan sesuai dengan yang dimasukan pada langkah ke-4.

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.