Home Tutorial Cara Masuk Safe Mode di Windows 10 – Tips #35

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10 – Tips #35

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Mengalami BSOD setelah menginstall driver di Windows 10?? Jangan terburu-buru untuk install ulang, mungkin kamu salah menginstall driver. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memanfaatkan Safe Mode di Windows 10. Caranya dengan menguninstall driver yang sebelumnya kamu install. Safe Mode ini bisa booting Windows 10 tanpa load driver dan proses lain di komputer selain core dari system Windows 10.

Berikut ini WinPoin akan memberikan tutorial cara masuk Safe Mode di Windows 10. Dengan begini kamu bisa memperbaiki masalah yang ada di Windows 10 seperti salah menginstall driver, adanya malware trojan, atau menguninstall software yang tidak bisa diuninstall saat Windows booting normal.

 

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Pertama-tama buka Search bar di Taskbar dan ketikkan msconfig.

 

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Kemudian window System Configuration akan terbuka. Setelah itu buka tab Boot dan centang menu Safe boot. Ada empat pilihan untuk Safe boot, berikut penjelasannya:

  • Minimal – Saat startup, menampilkan GUI Windows seperti File Explorer di Safe Mode yang hanya menjalankan critical system services. Networking dinonaktifkan.
  • Alternate shell – Saat startup, menampilkan command prompt di Safe Mode yang hanya menjalankan critical system services. Networking dan File Explorer dinonaktifkan.
  • Active Directory repair – Saat startup, menampilkan File Explorer di Safe Mode yang hanya menjalankan critical system services dan Active Directory.
  • Network – Saat startup, menampilkan File Explorer di Safe Mode yang hanya menjalankan critical system services dan Networking diaktifkan.

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

 

Lalu klik Apply dan tekan OK. Kamu bisa melakukan restart sekarang juga atau nanti setelah pekerjaan kamu selesai.

 

Setelah komputer restart, kamu akan langsung masuk ke Safe Mode di Windows 10.

 

Punya permasalahan yang sering terjadi di Windows 10 yang kamu perbaiki di Safe Mode? Untuk Tips Windows 10 lainnya kamu bisa lihat disini.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • BUDI

    Kalo versi Windows sebelumnya agak gampang ketika booting pencet key apa nanti ada pilihan booting, nah kalo make cara ini tapi terlanjur ngga mau load Windows karena salah driver atau segala macemnya agak ribet juga.

    • Muchamad Rifny Setyawan

      windows 7 F8 / F9
      windows 10 F9 bisa kalau nggak buat rest terus menurus entar digiring sendiri sama windows buat ke boot option.. :v

  • entah kenapa semenjak saya update Windows 10 saya, kok dibagian Explorer setiap saya klik kanan di file kenapa ya muncul konteks menunya lama banget? apa cuma saya aja yg ngalamin seperti ini?

    • Maulana Ansor

      Saya juga ngalamin hal serupa.. Coba diliat di driver vganya .. Soalnya ketika saya ngalamin saya coba upgrade vga.a ke versi terbaru. Lancar seperti semula.. Semoga membantu ..

      • eh saya pake Windows Repair AIO langsung sembuh kwkwkwk…. aplikasinya kecil tapi berguna

  • Teguh Liem

    Padahal ada cara yang paling gampang, tekan shift + tombol restart, nanti ada pilihan untuk safe mode

  • Whyu Wa

    jadi gk mencet F8 lagi yaa

  • Andri Yumanda Saputra

    Misi min ane mau tanya nih, ane kan barusan restore nih windows 10 gara2 win 10 background changernya bermasalah jadi kaga bisa booting, nah di restore bisa fix problemnya tapi kok ada app bawaan windows kek xbox, photos dll yg error gitu ya setelah di restore? ._.

  • Rahmat Mulyono

    Jika terlanjur error gak bisa menampilkan desktop gimana nih, gak ada pilihan F8 mati dah

    • Rizal Faisal Akbar

      kalo sistemnya sama seperti windows 8, pada booting ke-3 dia otomatis masuk ke repair mode. nanti bisa masuk ke advanced mode>next. abis itu nanti pilih sesuai nomernya (kalo ga salah inget F4 untuk safe mode).
      ane belum pernah nyobain windows 10 gara2 belum compatible laptop ane.

  • sepertinya sama saja untuk windows 8 dan windows 10 cara masuk sfe mode nya, kalau nggak dari desktop(msconfig) ya dari repair mode(kalau gagal boot berkali-kali) :D

  • Ignatius Probo

    Kalo masuk safe mode tapi pas login screen passwordnya salah terus gimana? padahal usah masukin password yg bener