Home PC Cara Melakukan System Restore di Windows 10

Cara Melakukan System Restore di Windows 10

systemrestorewindows10_0

Nah setelah kemarin saya telah membahas langkah-langkah untuk membuat restore point guna untuk memulihkan keadaan sistem ke kondisi sebelum pembuatan restore point. Kali ini saya akan memberikan langkah-langkah untuk melakukan system restore.

Pertama buka kotak RUN (WinKey+R) lalu ketikan ‘SystemPropertiesProtection‘ untuk membuka System protection properties.

systemrestorewindows10_1

Setelah terbuka pilih ‘System Restore…‘ untuk membuka Wizard system restore.

systemrestorewindows10_2

Lalu untuk wizard pertama, klik next untuk melanjutkan proses.

systemrestorewindows10_3

Kemudian pilih Restore point yang akan kita gunakan untuk restore. Kamu dapat klik ‘Scan for affected programs‘ untuk mengetahui, apa saja yang akan ter-restore kembali dan yang akan hilang ketika system restore dilakukan. Jika sudah pilih ‘Next’.

systemrestorewindows10_4

Setelah itu akan muncuk konfirmasi terakhir sebelum system restore dilakukan pilih ‘Finish‘ untuk memulai proses. dan erlu diketahui bahwa proses system restore tidak bisa dibatalkan hingga prosesnya selesai, jadi sebelum melakukannya pastikan sudah menyimpan semua pekerjaan yang kamu lakukan.

systemrestorewindows10_5systemrestorewindows10_6

Kemudian sistem akan merestart dan proses pun dimulai, lama tidaknya tergantung dari besar kecilnya perubahan antara keadaan sistem yang sekarang dengan yang ada di sistem restore.

systemrestorewindows10_8

Setelah selesai, maka sistem akan login kembali dan muncul pop up yang menyatakan bahwa proses system restore telah berhasil.

systemrestorewindows10_7That’s It!

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.