Biasanya setelah melakukan fresh install, kamu akan mendapati start menu dengan beberapa aplikasi seperti Candy Crush, Power BI, dsb. Itu terjadi karena adanya Consumer Experience, dimana Windows 10 akan otomatis menginstall tersebut.

Dimana hal tersebut tentu sangat mengganggu karena menginstall aplikasi yang tidak dikehendaki. Tetapi untungnya ada trik untuk menghilangkannya.

Mematikan Consumer Experience di Windows 10

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke path HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\CloudContent. Jika tidak ada folder CloudContent kamu bisa membuatnya dengan cara klik kanan pada folder Windows dan pilih New – Key.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada key DisableWindowsConsumerFeatures, lalu ganti valuenya menjadi 1. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan dan tutup jendela Registry Editor. Jika tidak ada keynya, kamu dapat membuatnya dengan cara klik kanan dan pilih New – DWORD (32-bit).
  4. Done.

Setelah proses selesai, restart Windows 10 untuk mendapatkan perubahannya. Kemudian kamu bisa langsung navigasi ke Settings > Apps > Apps & features — dan Uninstall aplikasi yang tidak diinginkan.

That’s it!

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.