Cara Membersihkan Cache DNS di Windows (1)

Bagi kamu yang sudah familiar dengan internet, tentu pernah mendengar kata DNS. Jadi DNS (atau Domain Name System) memiliki fungsi untuk menerjemahkan nama suatu website menjadi IP address. Misalnya jika kamu mengetik WinPoin.com, maka DNS akan menerjemahkannya menjadi IP address dari alamat website WinPoin.com.

Windows sendiri memiliki Cache DNS, dimana Cache ini menyimpan data browsing pengguna, sehingga dapat mempercepat terbukanya sebuah website yang pernah dikunjungi sebelumnya.

Tetapi ada saatnya bagi kamu mungkin diharuskan untuk menghapus Cache DNS. Misalnya ketika alamat IP web telah berubah dan tidak sinkron terhadap alamat IP yang ada didalam Cache, sehingga website akan terbuka dalam waktu yang agak lama (hingga tidak terbuka sama sekali). Berikut WinPoin akan memberikan langkah-langkahnya.

Membersihkan Cache DNS di Windows

Cara untuk membersihkan Cache DNS sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengetik perintah ipconfig /flushdns pada Windows Run (WinKey + R) atau Command Prompt.

Sebagai alternatif, kamu dapat mematikan service DNS Caching jika kamu tidak ingin sistem menyimpan data selama melakukan browsing ke DNS Cache. Caranya buka Task Manager, lalu navigasi ke tab Services dan cari service Dnscache. Jika sudah klik kanan lalu pilih Stop untuk mematikan service.

Cara Membersihkan Cache DNS di Windows (3)

Itu dia cara untuk membersihkan Cache DNS pada Windows. Jika kamu memiliki pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

  Akhir dari Notch di Android..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.