Home PC Cara Membuat Action Center Tetap Terbuka di Windows 10

Cara Membuat Action Center Tetap Terbuka di Windows 10

Cara Membuat Action Center Tetap Terbuka di Windows 10 (1)

Windows 10 memiliki fitur Action Center, dimana kamu dapat melihat semua notifikasi dari aplikasi atau sistem yang masuk, sehingga kamu dapat mengetahuinya dengan mudah. Action Center juga memiliki quick access dimana kamu bisa mengaktifkan/mematikan pengaturan dengan mudah, seperti WiFi, Bluetooth, VPN, Airplane Mode, dll.

Secara default, Action Center akan menutup secara otomatis begitu pointer mouse di klik ke area diluar Action Center. Namun jika kamu tetapi ingin menampilkan Action Center meskipun fokus ke area lain, kamu bisa menggunakan tweak ini untuk melakukannya.

Membuat Action Center Tetap Terbuka di Windows 10

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell\Launcher.
  3. Pada panel kanan, klik kanan lalu pilih New – DWORD (32-bit). Kemudian beri nama DisableLightDismiss.Cara Membuat Action Center Tetap Terbuka di Windows 10 (2)
  4. Kemudian klik 2x pada key tersebut lalu masukan value 1. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.Cara Membuat Action Center Tetap Terbuka di Windows 10 (3)

Dengan begitu, Action Center tetap akan terbuka meskipun kamu fokus pada area lain diluar Action Center. Untuk menutupnya, kamu bisa melakukan beberapa cara, diantaranya:

  • Menggunakan Shortcut Windows Key + A.
  • Klik pada area Action Center lalu tekan ESC (Escape).
  • Klik pada icon Action Center di Taskbar.

Sebagai cara alternatif, kamu dapat melakukannya melalui Command Prompt as Administrator jika tidak ingin repot-repot membuka Registry.

reg add "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell\Launcher" /v DisableLightDismiss /t REG_DWORD /d 1

Cara Membuat Action Center Tetap Terbuka di Windows 10 (4)

Untuk mengembalikannya seperti semula, cukup ganti valuenya menjadi 0 atau hapus key DisableLightDismiss.

Jika ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.