Home Phone Cara Membuat Cortana Membacakan Pesan Masuk (SMS) di Windows 10 Mobile

Cara Membuat Cortana Membacakan Pesan Masuk (SMS) di Windows 10 Mobile

lumia_950_review_cortana

Sampai saat ini, Cortana memang masih belum support untuk region Indonesia tapi kebanyakan pengguna pasti mencicipinya dengan cara mengganti ke region yang menyediakan fitur Cortana tersebut.

Voice Command serta Apps Experience yang ditawarkan juga sangat menarik mulai dari mengingatkan aktifitas sehari-hari, memesankan taksi, prediksi skor olahraga, menampilkan berita langganan, dan satu fitur yang saya suka yakni dapat membacakan pesan masuk/sms.

Apa bisa?

Tentu bisa, yang ternyata opsi tersebut terselip diantara submenu pengaturan Cortana. Tapi kelemahananya ialah Cortana tetap akan membacakan sesuai dengan teks pesan masuk tersebut menggunakan bahasa inggris tidak menyesuaikan dengan bahasa pesan yang ditulis, jadi jelas terdengar aneh namun bila kamu ingin sedikit narsis, tentunya tidak masalah akan hal itu 😎.

Dan berikut inilah cara membuat Cortana membacakan sms di perangkat Windows 10 Mobile:

Buka Cortana > Notebook > Setting > Scroll ke bawah hingga menemukan form Read incoming text messages aloud, dari off pilih menjadi Always on.

cortana-read messages(1)

Pada tahap ini kamu telah berhasil mengaktifkannya, jadi ketika ada pesan masuk yang mana setelah suara notifikasi berdering maka Cortana akan memberitahukan bahwa ada pesan masuk serta menanyakan dua hal yakni Read it or Not.

Bila kamu memilih Read it, Cortana akan membacakan pesan masuk tersebut hingga selesai lalu akan menanyakan tiga hal yakni Reply, Callback or are you Done.

cortana-read messages(21)

 

Dan jika kamu memilih Reply, kamu dapat memberitahukan isi pesan tersebut menggunakan suara yang nantinya akan ia tulis dalam pesan tersebut lalu menanyakan tiga hal untuk memastikan pesan yang akan dikirim yakni Send it, Add more or try again.

cortana-read messages(3)

Agar perintah suara kamu dapat ia dengar, pastikan kamu beri perintah setelah ia selesai menanyakan apa yang di lakukan selanjutnya yang mana terjeda dengan suara khas aktifasi khas microphone Cortana.

Meskipun dalam aplikasi Messages terintegrasi dengan skype, bukan berarti Cortana akan dapat membacakan pesan dari skype tersebut jadi memang baru dapat membacakan pesan dari sms masuk. Tapi bukannya tidak mungkin bila nantinya ia akan dapat membacakan dari semua pesan yang ada baik itu email, skype, whatsapp, dan sebagainya.

  Solusi Laptop Minim Storage  

Ask me everything about Windows & Android via Twitter @UFebri | Trying to hard wanna be a Web Backend |