Microsoft telah mengadopsi Chromium engine kedalam pengembangan browser Microsoft Edge yang bertujuan memberikan kompatibitas yang lebih baik. Dengan kata lain, Microsoft Edge versi Chromium ini memiliki web engine yang sama dengan Google Chrome.

Hingga saat ini, Microsoft Edge Chromium hanya tersedia dalam status Insider yang didalamnya terdapat beberapa kategori yaitu Beta, Dev, dan Canary. Menurut perkiraan, versi publik akan tersedia pada tanggal 15 januari, 2020 serta tersedia untuk Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, Windows Server (2016 dan diatasnya), Windows Server (2008 R2 hingga 2012 R2), dan macOS.

Jika kamu menggunakan Microsoft Edge Chromium pada komputer publik, maka ada baiknya kamu menggunakan mode InPrivate Browsing. Dimana ketika menggunakan mode InPrivate, maka browsing history, download history, cookies, passwords, autofill form data, site permissions, dll akan terhapus begitu semua tab dan jendela browser ditutup.

Tetapi terdapat keterbatasan, dimana kamu tidak dapat membuka kembali tab yang sebelumnya ditutup.

Membuka InPrivate Browsing di Microsoft Edge Chromium

Cara Pertama

  1. Buka Microsoft Edge.
  2. Gunakan Shortcut CTRL + SHIFT + N untuk membuka jendela baru dengan mode InPrivate Browsing.
  3. Done.


Cara Kedua

  1. Buka Microsoft Edge.
  2. Navigasi ke menu Pivot (yang ditandai dengan 3 titik) pada bagian pojok kanan atas, lalu klik opsi New InPrivate window.
  3. Done.

Cara Ketiga

  1. Buka Microsoft Edge.
  2. Klik kanan pada sebuah link kemudian klik opsi Open link in InPrivate window.
  3. Done.

Apakah mode InPrivate benar-benar aman?

Mode InPrivate sebenarnya tidak menjamin kamu dari website mencurigakan ataupun memblokir iklan yang muncul. Website tetap bisa melakukan tracking terhadap kamu karena cookies dan site permissions yang tidak terhapus hingga kamu menutup semua jendela InPrivate yang ada. Untuk mencegah website melakukan hal tersebut, kamu dapat memanfaatkan fitur tracking prevention (set ke Strict).

  HP Gaming Terbaik 2019..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.