Cara Menambahkan Safe Mode pada Boot Options di Windows 10 (1)

Ketika Windows 10 kamu mengalami masalah, misalnya saja karena virus, konflik antar software, atau salah ketika melakukan konfigurasi, maka masuk ke Safe Mode bisa menjadi salah satu langkah untuk menyelesaikan masalah.

Dengan masuk ke Safe Mode, maka kamu dapat coba untuk melakukan troubleshooting terhadap masalah yang kamu hadapi. Karena Safe Mode hanya akan menjalankan Windows dengan komponen yang diperlukan saja, tanpa perlu menjalankan aplikasi pihak ke-3.

Ada beberapa cara agar dapat masuk ke Safe Mode, salah satunya adalah dengan menahan tombol SHIFT ketika memilih opsi Restart. Tetapi jika ingin masuk Safe Mode lebih cepat lagi, maka trik dibawah ini dapat membuat kamu menambahkan opsi Safe Mode pada boot menu.

Menambahkan Safe Mode pada Boot Options di Windows 10

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketika jendela Command Prompt telah terbuka, kamu dapat memasukan perintah dibawah ini. Kamu dapat mengganti tulisan warna merah dengan kata yang diinginkan.
    bcdedit /copy {Current} /d "Masuk ke Safe Mode"

    Cara Menambahkan Safe Mode pada Boot Options di Windows 10 (1)

  3. Buka Windows Run (Win + R), lalu ketikan msconfig untuk membuka System Configuration.Cara Menambahkan Safe Mode pada Boot Options di Windows 10 (2)
  4. Kemudian navigasi ke tab Boot, lalu kamu akan menemukan opsi Boot yang barusan dibuat. Beri tanda centang pada Safe boot lalu pilih Minimal, dan terakhir beri tanda centang pada opsi Make all boot settings permanent agar opsi Safe Mode tidak akan hilang. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.Cara Menambahkan Safe Mode pada Boot Options di Windows 10 (3)
  5. Ketika muncul peringatan, klik saja Yes.Cara Menambahkan Safe Mode pada Boot Options di Windows 10 (4)
  6. Terakhir kamu diharuskan untuk melakukan restart agar dapat melihat perubahannya. Kamu dapat langsung melakukan restart ataupun nanti dengan memilih opsi Exit without restart.Cara Menambahkan Safe Mode pada Boot Options di Windows 10 (5)
  7. Done.

Dengan begitu maka kedepannya akan muncul opsi masuk ke Safe Mode pada saat masuk ke Boot Options. Trik ini juga dapat kamu aplikasikan pada Windows 7 ataupun Windows 8.x

Jika kamu ingin menghapus opsi masuk ke Safe Mode pada Boot Options, maka kamu dapat melakukannya melalui System Configuration dan menghapus opsi Boot Safe Mode.

Cara Menambahkan Safe Mode pada Boot Options di Windows 10 (6)

That’s it!

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.