Sebagai pengguna yang sudah cukup lama menggunakan Kaspersky Internet Security, saya cukup suka dengan fitur bernama Webcam Protection-nya, dimana dengan fitur ini kita bisa mengatur apakah kita ingin memblokir seluruh akses ke kamera, atau memberitahu kita bahwa ada aplikasi yang sedang menggunakan akses kamera.

Baca Juga : 3 Fitur Keren Kaspersky Internet Security 2019 – Antivirus Handal Untuk Windows 10

Dan sudah tiga tahun berlalu sejak saya mengulas Kaspersky Internet Security 2019, kini saya sudah menggunakan versi terbaru Kaspersky Internet Security 2021 yang mana memiliki tampilan yang lebih baru, namun tidak menghilangkan fitur penting yang sudah ada sebelumnya. Salah satunya adalah fitur Webcam Protection ini, untungnya fitur ini masih tersedia dan masih dapat pengguna gunakan dengan mudah.

Nah berkaitan dengan hal tersebut, mari kita rangkum langkah singkat mengenai Cara Mencegah Aplikasi Apapun Mengakses Kamera Dengan Kaspersky Internet Security 2021. Berikut adalah langkah langkahnya.

Langkah 1. Pertama, silahkan kamu buka Kaspersky Internet Security 2021 kamu.

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu klik pada icon Privacy Protection > Kemudian pastikan fitur Webcam Protection dalam keadaan On.

Langkah 3. Untuk melihat pengaturan Webcam Protection lanjutan, kamu bisa klik pada label Webcam Protection, untuk pertama kalinya, kamu akan diberikan penjelasan singkat seperti pada gambar berikut.

Tepat seperti pada gambar diatas, kamu bisa klik Next > kemudian klik Done, atau kamu bisa Skip saja untuk langsung dihadapkan pada tampilan berikut.

Nah disini saya hanya mengaktifkan notifikasi saja, dimana andaikan ada aplikasi yang menggunakan akses Webcam, maka Kaspersky akan memberitahu kita mengenai hal tersebut, untuk selanjutnya kita tinjau secara manual.

Namun dalam tutorial kali ini, kiat akan memblok semua akses ke webcam/ kamera, maka pada halaman seperti pada gambar diatas, kita harus aktifkan ceklis pada Block access to webcam for all applications.

Klik Save dan selesai.

Sekarang, kamu tidak usah khawatir lagi akan ada akses webcam yang digunakan, karena Kaspersky sudah memblokirnya untuk kamu.

Jika kamu ingin menggunakan Webcam, misalkan untuk keperluan rapat secara daring, maka kamu harus menghilangkan ceklis pada Block access to webcam for all application seperti pada langkah diatas.

Cukup ribet memang, namun jika ingin aman, ini adalah salah satu tindakan terbaik yang kamu lakukan dengan menggunakan Kaspersky Internet Security, ingin lebih aman lagi? tutup webcam dan microphone dengan solasi, seperti yang Mark Zuckerberg lakukan.

Nah bagaimana menurutmu? apakah kamu pengguna Kaspersky Internet Security 2021 juga? komen dibawah guys, dan semoga artikel ini bermanfaat.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.