Di Windows 10, kamu dapat memanfaatkan fitur BitLocker untuk mengenkripsi partisi sehingga hanya orang yang mengetahui password yang dapat mengakses partisi tersebut.

BitLocker sendiri memiliki opsi auto-unlock yang dapat membuka (dekripsi) partisi secara otomatis. Hal ini dapat berguna pada kasus tertentu seperti pada partisi yang terenkripsi dan memiliki sistem operasi didalamnya. Dimana partisi harus dibuka terlebih dahulu agar sistem operasi dapat berjalan.

Baca juga tutorial Windows 10 lainnya:

Mengaktifkan Auto-Unlock pada BitLocker di Windows 10 dengan Command Prompt

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan perintah berikut manage-bde -autounlock -enable G:. Dimana kamu dapat mengganti G dengan drive letter sesuai keinginan.
  3. Done.

Perlu diketahui, bahwa pastikan fitur BitLocker sudah aktif pada partisi sistem (Operation system drive) supaya dapat mengaktifkan auto-unlock.

Untuk mematikan auto-unlock, kamu bisa mengetikan perintah berikut. manage-bde -autounlock -disable G:. Dimana kamu dapat mengganti G dengan drive letter sesuai keinginan.

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.