Windows 10 tablet ataupun phone memiliki fitur “slide to shutdown” yang mana muncul otomatis ketika menekan tombol power. Sebagaimana namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mematikan perangkat secara cepat dengan hanya gerakan gesture swipe ke bawah.

Tetapi jika kamu tidak memiliki perangkat layar sentuh, kamu masih dapat menggunakan fitur ini sebagai opsi lain untuk mematikan Windows 10. Jadi artikel ini akan menunjukan kamu bagaimana cara menggunakan “slide to shutdown” pada perangkat apapun.

Menggunakan “Slide to Shutdown” pada Windows 10

Fitur ini dapat diakses melalui file yang bernama SlideToShutDown.exe. File ini berlokasi pada folder System32 yang mana artinya kamu dapat menjalankannya dengan mudah melalui pencarian di start menu.

Cara Menggunakan “Slide to Shutdown” pada Windows 10 (1)

Jika ingin mengaksesnya lebih cepat lagi, kamu dapat membuat file shortcut. Caranya navigasi ke C:\Windows\System32, lalu cari file SlideToShutDown.exe. Jika sudah klik kanan dan pilih Send to > Desktop (create shortcut).

Cara Menggunakan “Slide to Shutdown” pada Windows 10 (2)

Dengan begitu maka kamu dapat mengaksesnya secara cepat melalui Desktop. Atau kamu juga dapat memberikan shortcut keyboard dengan cara klik kanan pada shortcut dan pilih Properties. Pada jendela propreties, isi pada kolom Shortcut key dengan menekan kombinasi tombol yang kamu inginkan.

Cara Menggunakan “Slide to Shutdown” pada Windows 10 (3)

That’s it! sekarang kamu dapat mematikan Windows 10 dengan cara klik pada file shortcut desktop atau menggunakan kombinasi shortcut keyboard. Tentunya cara ini dapat menambah variasi dalam mematikan Windows 10.

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.