Jika kamu merasa khawatir akan privasi dan keamanan kamu setelah mencuatnya standar Cambridge Analytica dengan Facebook, lalu ingin bergabung dengan gerakan menghapus Facebook, maka berikut ini cara menghapus akun Facebook kamu, baik sepenuhnya, maupun sementara saja.

Menghapus akun Facebook memang tidak semudah kelihatannya. Ada banyak opsi akun yang perlu diperiksa. Selain itu juga perlu waktu untuk mem-backup data pribadi kamu, kemudian menghapusnya sepenuhnya dari situs.

 

1| Menonaktifkan akun sementara

Masih ragu apakah ingin menonaktifkan akun sepenuhnya? Kamu bisa memilih untuk menonaktifkan akun sementara saja! Menonaktifkan akun sementara akan menonaktifkan profil kamu dan menghapus nama kamu dari banyak hal yang kamu bagikan (meskipun mungkin ini akan tetap muncul di beberapa tempat seperti pesan grup).

Klik panah arah bawah di bilah judul, pilih Settings, lalu klik Edit di sebelah Manage my account. Gulir ke bawah, lalu klik Deactivate my account, lalu masukkan kata sandi kamu sebagai konfirmasi. Untuk mengaktifkan ulang akun, kamu cukup login kembali.

2| Menonaktifkan Akun Selamanya

Jika kamu sudah menghabiskan waktu yang cukup panjang di Facebook, mungkin kamu memiliki ratusan foto dan video yang tersimpan di server Facebook, juga ribuan postingan dan komentar. Facebook juga menyimpan informasi tentang IP Address yang kamu gunakan untuk login ke Facebook, tanggal dan waktu saat kamu mengklik ikan, dan riwayat status akun.

Sebelum menghapus akunmu, back up terlebih dahulu dengan mengklik panah bawah di judul Facebook, pilih Settings, lalu klik Download a copy of your Facebook data. Kamu tidak akan dapat menarik hal ini kembali setelah akunmu hilang.

Butuh waktu hingga 90 hari untuk menghapus postingan dan foto-foto kamu dari situs tersebut. Jika kamu tidak ingin informasimu ditahan selama tiga bulan, maka kamu bisa menghapus semuanya sendiri sebelum menghapus akunmu.

Untuk membantu melakukan hal ini, kamu bisa menggunakan plugin dari Chrome: Social Book Post Manager. Plugin ini memungkinkan kamu menghapus beberapa postingan Facebook seketika. Back up data dengan cara sebelumnya, kemudian instal plugin tersebut, masuk ke Facebook Activity Log, lalu pilih filter spesifik (misalnya posts you’re tagged in)

Klik ikon Social Book Post Manager dan cari string teks atau kisaran tanggal tertentu. Postingan yang cocok dengan kriteriamu akan disorot warna kuning, dan mengklik tombol Delete akan langsung menghapusnya. Berhati-hatilah karena tidak ada cara untuk memulihkannya kembali kalau sudah dihapus.

Setelah siap untuk menghapus akun Facebook selamanya, maka kamu bisa langsung mengklik halaman permintaan penghapusan akun Facebook. Klik Yes untuk menghapus akun kamu selamanya. Sulit sekali mencarinya dari segmen pengaturan kamu di Facebook karena memang sepertinya Facebook ‘tidak rela’ jika kamu menghapus akun kamu di media sosial ini.


Nah, itulah cara menghapus akun Facebook kamu, baik sebentar saja maupun selamanya. Bagaimana pengalaman kamu dengan Facebook? Bagikan unek-unek kamu di kolom komentar!

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.