Windows 10 menggunakan page file untuk menyimpan data yang tidak bisa disimpan oleh RAM ketika penuh. Page file yang juga dikenali sebagai swap file atau paging file yang disimpan dalam hardisk pengguna.

Secara default, page file terletak di C:\pagefile.sys dan tersembunyi yang artinya kamu perlu mengaktifkan opsi view hidden file terlebih dahulu jika ingin melihatnya.

Ketika kamu mematikan komputer, data pada RAM tentu akan terhapus. Tetapi tidak dengan page file, data tetap akan tersimpan pada page file dimana hal ini akan berguna pada kasus tertentu seperti komputer yang mati mendadak.

Disatu sisi, hal ini mungkin membuat kamu khawatir jika seseorang dapat mengakses data sensitif yang tersimpan pada page file. Maka dari itu, artikel kali ini akan memberitahu kamu bagaimana cara menghapus page file secara otomatis ketika shutdown di Windows 10.

Menghapus PageFile.sys secara Otomatis ketika Shutdown di Windows 10

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada key ClearPageFileAtShutdown dan ganti valuenya menjadi 1. Jika sudah klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  4. Done.

Perlu kamu ketahui, terdapat konsekuensi ketika mengaktifkannya. Dimana akan membuat proses shutdown lebih lama karena sistem akan menghapus isi dari file pagefile.sys sebelum komputer benar-benar mati. Meskipun lambat tidaknya juga bergantung pada kecepatan hardware dan seberapa besar page file yang kamu miliki.

Untuk mengembalikan pengaturan seperti semula, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang sama seperti diatas dan mengganti value menjadi 0 pada langkah ke-3.

  Unboxing REDMI 9 Indonesia yang LAGI HOT..!! 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.