Home PC Cara Menghapus System Restore Point di Windows 10

Cara Menghapus System Restore Point di Windows 10

Cara Menghapus System Restore Point di Windows 10 (11)

Pada tutorial kali ini, WinPoin akan memberikan cara untuk menghapus System Restore Point di Windows 10. Ketika kamu membuat Restore Point, maka Windows akan otomatis mengambil ruang penyimpanan yang digunakan untuk Restore Point (yang mana didalamnya terdapat file registry, driver, file sistem, dll).

Dengan menghapus Restore Point, maka kamu bisa mendapatkan ekstra penyimpanan pada partisi sistem (biasanya C:).

Menghapus System Restore Point di Windows 10

  1. Buka Windows Run (WinKey + R), kemudian ketikan perintah systempropertiesprotection dan tekan enter.Cara Menghapus System Restore Point di Windows 10 (1)
  2. Kemudian klik opsi Configure.Cara Menghapus System Restore Point di Windows 10 (2)
  3. Terdapat menu Disk Space Usage, dimana kamu dapat mengatur seberapa besar ruang penyimpanan yang dialokasikan untuk System Restore. Atur slide pada menu Max Usage ke kiri untuk memperkecil dan kanan untuk sebaliknya. Klik opsi Delete untuk menghapus semua Restore Point.Cara Menghapus System Restore Point di Windows 10 (3)
  4. Ketika muncul peringatan, klik Continue untuk melanjutkan proses.Cara Menghapus System Restore Point di Windows 10 (4)
  5. Terakhir akan muncul pesan yang menyatakan bahwa Restore Point telah berhasil dihapus.Cara Menghapus System Restore Point di Windows 10 (5)

Perlu kamu ketahui, cara diatas adalah untuk menghapus semua Restore Point. Jika kamu ingin menghapus Restore Point tertentu, maka kamu bisa melakukannya melalui Command Prompt.

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan perintah vssadmin list shadows untuk melihat daftar Restore Point yang ada. Disini WinPoin memiliki 3 Restore Point.Cara Menghapus System Restore Point di Windows 10 (6)
  3. Untuk menghapus salah satu Restore Point, ketikan perintah vssadmin delete shadows /Shadow={shadow copy ID}Dimana tulisan warna merah dapat diganti dengan ‘shadow copy ID’ yang kamu miliki. Sebagai conton berikut perintah yang WinPoin eksekusi.

    vssadmin delete shadows /Shadow={3fa69867-89b3-4ae7-b735-b0d857f92898}

    Cara Menghapus System Restore Point di Windows 10 (7)

  4. Dengan begitu maka Restore Point berhasil dihapus, kamu bisa menjalankan kembali perintah pada langkah ke-2 untuk memastikan bahwa Restore Point berhasil dihapus atau tidak.Cara Menghapus System Restore Point di Windows 10 (8)
  5. Tutup jendela Command Prompt.

Kelemahan dari melalui Command Prompt adalah kita tidak mengetahui nama dari Restore Point tersebut. Satu hal yang dapat kita pastikan adalah tanggal dari Restore Point tersebut dibuat.

Nah itu dia cara untuk menghapus Restore Point di Windows 10. Jika kamu memiliki cara lain, pastikan kamu menyampaikannya melalui kolom komentar.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.