Home PC Cara Mengunci Windows 10 Secara Otomatis Ketika Tidak Digunakan

Cara Mengunci Windows 10 Secara Otomatis Ketika Tidak Digunakan

Cara Mengunci Windows 10 Secara Otomatis Ketika Tidak Digunakan (1)

Pada tutorial kali ini, WinPoin akan menunjukan kamu cara untuk mengunci Windows 10 PC ketika tidak aktif. Jadi ketika Windows 10 tidak ada kegiatan (baik dari pergerakan mouse atau pengetikan di keyboard) dalam interval waktu tertentu, maka Windows 10 akan otomatis mengunci ke Lock Screen.

Sebenarnya Windows 10 memiliki fitur Dynamic Lock yang mana membutuhkan koneksi Bluetooth antara Windows 10 dan Smartphone, namun cara ini bisa dibilang lebih mudah ketimbang menggunakan fitur Dynamic Lock.

Mengunci Windows 10 Secara Otomatis

  1. Buka Windows Run (WinKey + R), kemudian ketikan secpol.msc dan tekan Enter.Cara Mengunci Windows 10 Secara Otomatis Ketika Tidak Digunakan (2)
  2. Kemudian navigasi ke Local Policies – Security Options.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada opsi Interactive logon: Machine inactivity limit.Cara Mengunci Windows 10 Secara Otomatis Ketika Tidak Digunakan (3)
  4. Pada penjendela Propertes, kamubisa memasukan angka antara 1 hingga 599940 (±1 minggu kurang). Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.Cara Mengunci Windows 10 Secara Otomatis Ketika Tidak Digunakan (4)
  5. Terakhir, kamu harus restart ulang PC untuk mendapatkan efeknya.

Dengan begitu kedepannya, ketika PC tidak aktif dalam beberapa waktu (yang ditentukan sebelumnya), maka otomatis akan mengunci layar ke Lock Screen.

Tentunya cara ini sangat berguna bagi kamu yang meninggalkan PC dalam waktu yang lama tetapi lupa untuk menguncinya. Windows akan menguncinya secara otomatis sehingga tidak ada yang perlu kamu khawatirkan.

Nah itu dia guys, cara untuk mengunci Windows 10 secara otomatis pada jeda waktu tertentu. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, pastikan kamu bertanya melalui kolom komentar.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.