Di Windows 10 versi 1903, fitur ‘Reserved Storage’ berguna untuk mengalokasikan sebagian ruang penyimpanan pada partisi untuk menghindari masalah ketika ruang penyimpanan yang penuh ketika melakukan update.

Reserved Storage biasanya akan mengambil sekitar 7GB untuk file update, temporary file, system cache, apps, dll. Jadi ketika update baru tersedia, Windows 10 akan otomatis mengalokasikannya ke Reserved Storage. Tetapi jika dirasa tidak membutuhkannya, maka kamu dapat mematikannya melalui Registry Editor.

Tetapi jika tetap ingin membiarkannya aktif tetap ingin mengurangi ukurannya, maka kamu bisa menggunakan tutorial dibawah ini.

Pada artikel kali ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara mengurangi ukuran Reserved Storage di Windows 10.

Mengurangi Ukuran ‘Reserved Storage’ di Windows 10

Dalam hal mengurangi ukuran Reserved Storage, ada dua hal bisa kamu lakukan yaitu uninstall optional features atau language package.

Uninstall Language

  1. Buka Settings.
  2. Navigasi ke Time & language >Language.
  3. Pada panel kanan, klik salah satu bahasa yang ada pada menu Preferred Languages, kemudian klik opsi Remove.
  4. Done.

Uninstall Optional Features

  1. Buka Settings.
  2. Navigasi ke Apps > Apps & features.
  3. Pada panel kanan klik opsi Optional features.
  4. Kemudian pilih salah satu feature yang ingin kamu hapus dan pilih opsi Uninstall.
  5. Done.

Setelah proses selesai, maka ukuran Reserved Storage akan berkurang, dimana kamu dapat memanfaatkan ruang tersebut untuk hal penting lain.

  Cara Dapat Token Listrik Gratis — Resmi dari PLN!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.