Home Basic Cara Menonaktifkan Group Policy Editor di Windows

Cara Menonaktifkan Group Policy Editor di Windows

Cara Menonaktifkan Group Policy Editor di Windows (1)

Bagi kamu yang sering mengutak-atik Windows, tentunya tidak asing dengan Group Policy Editor. Group Policy Editor berisikan pengaturan policy (kebijakan) pada Windows yang dapat kamu konfigurasi. Pada dasarnya fitur ini ditujuan untuk pengguna komputer skala menengah hingga besar seperti organisasi/perusahaan, dimana usernya biasa tergabung kedalam domain group.

Pengaturan yang berada didalam Group Policy sendiri banyak yang bersifat penting untuk Windows, maka dari itu mungkin kamu terfikir untuk menonaktifkannya agar orang lain tidak sembangan mengaksesnya. Maka dari itu, berikut WinPoin berikan langkah-langkahnya.

Menonaktifkan Group Policy Editor di Windows

  1. Buka Registry Editor.
  2. Kemudian navigasi ke path HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft.
  3. Pada subfolder Microsoft, klik kanan lalu pilih New – Key untuk membuat folder baru didalamnya dan beri nama MMC.Cara Menonaktifkan Group Policy Editor di Windows (2)
  4. Pada panel kanan di folder MMC, buat key baru dengan cara klik kanan New – DWORD (32-bit), lalu beri nama RestrictToPermittedSnapins.Cara Menonaktifkan Group Policy Editor di Windows (3)
  5. Klik 2x pada key tersebut lalu ganti valuenya menjadi 1. Jika sudah, klik OK untuk menyimpan perubahan.Cara Menonaktifkan Group Policy Editor di Windows (4)
  6. Tutup jendela Registry Editor.

Dengan begitu, kedepannya akan mendapat pesan berikut ketika ingin membuka Group Policy Editor.

Cara Menonaktifkan Group Policy Editor di Windows (5)

Dan pengaturan dalam Group Policy Editor pun tidak bisa diakses.

Cara Menonaktifkan Group Policy Editor di Windows (6)

Untuk mengembalikannya seperti semula, cukup ganti value pada key RestrictToPermittedSnapins menjadi 0. Jika tidak ingin repot-repot membuka Regsitry Editor, kamu dapat melakukannya melalui Command Prompt as Admin dan mengetikan perintah berikut.

reg add "HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\MMC" /v RestrictToPermittedSnapins /t REG_DWORD /d 1

Cara Menonaktifkan Group Policy Editor di Windows (7)

That’s it!, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya melalui kolom komentar.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.