Pada tutorial kali ini, WinPoin akan menunjukan bagaimana cara menyembunyikan aplikasi pada daftar program yang terinstall di Program and Feature Control Panel.

Jadi dengan alasan privasi atau keamanan, kamu bisa menyembunyikan program yang terinstall agar tidak ada tangan-tangan jahil yang coba untuk menguninstall aplikasi tersebut.

Menyembunyikan Program di Programs and Features in Windows 10

Untuk melakukan hal ini, diperlukan konfigurasi melalui Registry Editor. Karena terdapat 64 dan 32-bit dalam arsitektur aplikasi, maka keduanya disimpan pada subkey yang berbeda, dimana:

  • Aplikasi 64-bit tersimpan di HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall
  • Aplikasi 32-bit tersimpan di HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall

Jadi misalnya pada kasus WinPoin, dimana ingin menyembunyikan aplikasi Point Blank, maka berikut langkah-langkah yang diperlukan.

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall.
  3. Pada subkey Uninstall, buka folder Point Blank Beyond Limits.
  4. Pada panel kanan, klik kanan dan pilih New – DWORD (32-bit). Kemudian beri nama SystemComponent.
  5. Klik 2x pada key baru tersebut lalu masukan value 1. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
  6. Done.

Setelah proses selesai, kamu bisa refresh ulang pada halaman Program and Feature di Control Panel, dimana aplikasi terkait tidak akan lagi muncul. Hal serupa juga berlaku pada Apps & feature di Settings.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu dapat melalui langkah-langkah yang sama seperti diatas dan mengganti value menjadi 0 pada langkah ke-4 atau hapus saja key SystemComponent.

  Buat yang Butuh Hape Baterai Monster! 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.