Home PC Cara Restart Windows Explorer

Cara Restart Windows Explorer

Cara Restart Windows Explorer (1)

Windows Explorer merupakan salah satu komponen penting dalam sistem operasi Windows. Karena kamu bisa melakukan banyak hal di Windows Explorer, seperti managemen file, melihat kapasitas partisi, dan masih banyak lagi.

Tapi terkadang Windows Explorer bisa mengalami masalah seperti freeze ataupun not responding pada aplikasi Windows. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah merestart Windows Explorer, karena dalam beberapa kasus seperti aplikasi yang not responding, cara ini efektif untuk dilakukan.

Restart Windows Explorer

Terdapat 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk merestart Windows Explorer. Pertama kamu bisa melalui Task Manager atau dengan menggunakan shortcut.

Buka Task Manager, lalu scroll kebawah hingga kamu menemukan proses Windows Explorer (biasanya terdapat pada kategori Windows Processes). Jika sudah ketemu, klik lalu pilih opsi Restart. Tampilan akan flash beberapa sesaat yang menandakan bahwa Explorer sedang merestart.

Cara Restart Windows Explorer (3)

Cara kedua, kamu bisa memunculkan opsi tersebut dengan menggunakan Shortcut. Gunakan kombinasi tombol CTRL + SHIFT, lalu klik kanan pada taskbar lalu pilih Exit Explorer.

Cara Restart Windows Explorer (4)

Tetapi cara ini tidak akan merestart/re-open Explorer secara otomatis seperti pada cara pertama. Jadi jangan kaget ketika tampilan taskbar, desktop icon, wallpaper menghilang. Kamu hanya perlu membuat proses baru dengan cara membuka kembali Taskbar (bisa dengan shortcut CTRL + SHIFT + ESC). Kemudian pilih File – Run new task – ketikan explorer.

Cara Restart Windows Explorer (5)

That’s it!

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.