Home PC Hot Trick : Cara Menginstal Group Policy Editor di Windows 10 Home

Hot Trick : Cara Menginstal Group Policy Editor di Windows 10 Home

Jika kamu suka mengulik Windows 10 hingga ke akar-akarnya, disamping regedit, tentunya kamu mengetahui Group Policy Editor. Yup, Group Policy Editor berisikan kebijakan/konfigurasi pada sistem, yang mana pengaturan tersebut akan berlaku untuk semua user pada komputer tersebut.

Sayangnya, Microsoft tidak menyematkan Group Policy Editor pada Edisi Home. Karena ya memang secara teknis edisi Home itu digunakan oleh end-user (yang biasanya hanya ada 1 pengguna aktif) saja dan bukannya edisi Professional ataupun Enterprise yang mana kedua edisi tersebut biasa digunakan pada kalangan UKM hingga perusahaan besar.

Tetapi untungnya, kamu bisa menggunakan trik side load menggunakan DISM untuk menginstalnya pada edisi Home. Penasaran?, berikut saya akan jabarkan langkah-langkahnya.

Menginstal Group Policy Editor di Windows 10 Home

Pertama kamu download terlebih dahulu file .bat disini. Didalam zip tersebut terdapat 2 file yakni Install-Online.cmd dan Install-Offline.cmd.

Dari sini kamu bisa memilih salah satu diantara 2 file tersebut. WinPoin sarankan jika kamu ingin menggunakan cara yang cepat, kamu bisa menjalankan file Install-Online.cmd. Jalankan file tersebut dengan run as Admin (klik kanan).

Cara Menginstal Group Policy Editor di Windows 10 Home (1)

Kemudian jendela CMD akan terbuka, dan tunggulah prosesnya beberapa menit.

Cara Menginstal Group Policy Editor di Windows 10 Home (3)

Untuk cara kedua agak rumit. Pertama kamu perlu mount ISO Windows 10 Home terlebih dahulu, kemudian edit file Install-Offline.cmd dan gantilah path sesuai dengan letter drive ISO Windows 10 Home.

Cara Menginstal Group Policy Editor di Windows 10 Home (2)

Jika sudah, maka kamu bisa menjalankannya dengan as Admin, sama seperti pada opsi yang pertama. Voilla, jika sudah maka kamu bisa mencoba untuk membuka gpedit.msc dan berikut kurang lebih hasilnya.

Cara Menginstal Group Policy Editor di Windows 10 Home (4)

Credit to Xinso@MDL, and thanks to @Indrakrisnadi for Testimonial :D

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.