Akhirnya dengan beberapa pertimbangan dan juga karena rasa penasaran saya mencoba juga Windows 10 November Update, dan kawan kawanku semua, kali ini selama beberapa saat saya mencobanya, saya akan sedikit berbagi pengalaman, tentang bagaimana sih rasanya pake Windows 10 1909 ini.

Perlu diketahui, sampai saat ini Windows 10 1909 masih belum dirilis untuk versi finalnya, dan sekarang masih tersedia di Windows Insider Release Preview, jika kamu ingin menunggu, Dirumorkan bahwa edisi ini akan dirilis 12 November nanti.

Proses Update

Disini saya menggunakan metode update langsung dari Windows Update dengan mengubah akun menjadi Insider dan memilih Insider Release Preview.

Untuk proses update dari Windows 10 1903 ke Windows 10 1909 juga tidak terlalu lama, pada update yang diterima, pertama kali saya hanya menerima update kumulatif KB4522355 dan Update Driver Intel, setelah saya reboot dan cek kembali Windows Update, Feature Update Windows 10 1909 akhirnya muncul juga dan tersedia untuk didownload.

Dapet Update Ini Dulu
Lanjut Ke Update Ini

Dan yang unik nih kawan kawan, proses downloading update sendiri tidak lama loh mungkin sekitar beberapa puluh MB saja, dan mungkin ini dikarenakan basednya masih di Windows 10 1903, karena seperti yang kita ketahui bahwa WIndows 10 1909 ini merupakan penyempurnaan dari Windows 10 1903.

Baca Juga : Ayo Kita Kenali Windows 10 19H2 Lebih Dekat!

Selain proses downloading, proses installingnya juga terbilang sangat cepat, luar biasa. Untuk jelasnya mengenai proses dan cara update silahkan lihat video dibawah, kebetulan saya juga rekam waktu itu. 😂

Fitur Baru?

Nah berbicara fitur baru yang akan ditemukan di edisi Windows 10 1909 ini, ada beberapa yang saya suka, dan diantaranya adalah:

1#. Mengatur Acara Langsung Dari Taskbar

Nah fitur ini bener bener berguna banget terutama untuk produktifitas nih, kita jadi bisa dengan cepat menambahkan event/acara langsung kedalam kalendar di taskbar untuk mengatur jadwal. Sekarang jadi gak perlu masuk keaplikasi kalendar dulu deh.

2#. Actions Center dan Notifications

Sekarang kita bisa dengan mudah masuk ke Menu Notifications di Settings melalui Actions Center, tentunya ini akan memudahkan sekali untuk mengatur notifikasi yang masuk.

3#. Search di File Explorer Yang Baru

Sekarang, Search Box di File Explorer dikontrol oleh Windows Search, yang mana sekarang search box di file explorer terintegrasi juga dengan konten online di onedrive, layaknya seperti search di taskbar.

4#. Start Menu Di Expand Otomatis

Sekarang tombol di start menu akan diexpand secara otomatis ketika mouse dihover kearea terpilih. Sebenarnya saya kurang suka karena emang ya gak ngaruh juga mau diexpand atau enggak. Gimana menurutmu?

Selain itu ada beberapa perbaikan dan peningkatan performa battery, penambahah Alexa di Lockscreen dan lain lain, lengkapnya bisa dilihat di Daftar Fitur Baru di Windows 10 19H2!

Bug dan Masalah?

Saya menggunakan Windows 10 1909 ini di laptop Asus K401UQK dengan spesifikasi yang lumayan lah, dan sampai sekarang saya test semua driver untuk konektifitas seperti USB, Wifi, Bluetooth, Semuanya tidak ada masalah, performa dan stabilitasnyapun hampir sama seperti saat saya menggunakan Windows 10 1903. Selain itu beberapa software utama yang sering saya gunakan juga tidak ada masalah. Dan berdasarkan beberapa laporan dari forum Microsoft, tidak ada masalah juga, namun mari kita berharap semoga aja enggak ada masalah untuk edisi Windows 10 ini.

Oya, sekarang buildnya juga berubah menjdi 18363.448, yang mana gak jauh beda dari edisi Windows 10 1903 yang punya build 18362.448.

Nah bagi kamu Insider? apakah kamu sudah nyoba Windows 10 1909 ini? jika ada bug dan masalah jangan sungkan untuk berkomentar dan sharing dibawah ya.

Baca Juga : First Impressions Windows 10 1909 – Update Tercepat Windows 10 Sepanjang Masa!

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.