Home PC Mengatasi Windows 7 Gagal Update dengan Error 80248015

Mengatasi Windows 7 Gagal Update dengan Error 80248015

Mengatasi Windows 7 Gagal Update dengan Error 80248015

Ada sedikit kekacauan yang dilakukan Microsoft terhadap banyak pengguna Windows 7. Rupanya ada yang salah dalam memasukkan tanggal kadaluwarsa alias expiry date menjadi 3 Desember 2017. Hasilnya…pengguna Windows 7 jadi tidak bisa melakukan update, dan memunculkan pesan error 80248015 (Windows could not search for new updates).

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Usut punya usut, didalam file C:\Windows\SoftwareDistribution\AuthCabs\authcab.cab, ada kesalahan dalam memasukkan expiry date, yang mungkin seharusnya diisi dengan tanggal habisnya masa support Windows 7 pada pertengahan Januari 2020 mendatang, tetapi ini diisi dengan tanggal 3 Desember 2017.

Mengatasi Windows 7 Gagal Update dengan Error 80248015

Jika kamu mengalaminya juga, kamu tidak sendirian. Banyak sekali pengguna Windows 7 juga gagal update gara-gara permasalahan ini.

Lalu bagaimana solusinya?

Solusi permanennya tentu harus menunggu perbaikan dari Microsoft — dan ini sepertinya cukup tricky karena perbaikan biasanya dirilis melalui Windows Update, tetapi dalam kasus ini Windows Update lah yang bermasalah.

Tetapi ada beberapa solusi sementara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya. Pertama kamu bisa mengubah tanggal di Windows 7 menjadi 2 Desember 2017 atau sebelumnya. Dengan begitu kamu bisa cek update dan menginstall update terbaru.

Kedua, kamu bisa buka Change settings di panel kiri Windows Update, dan menghilangkan centang pada opsi Give me updates for Microsoft product and check for new optional Microsoft software when I update Windows (Jika tidak ada opsi ini,

Setelah itu coba cek update lagi, dan seharusnya Windows Update di Windows 7 tidak akan bermasalah lagi.

Tetapi solusi ini hanya solusi sementara sembari menunggu perbaikan dari Microsoft. Sampai saat ini belum ada penjelasan apapun dari Microsoft seputar masalah ini, dan bagaimana cara mereka mendistribusikan update perbaikan ini. Apakah nanti akan di-push update langsung ke Windows 7 ataukan pengguna harus download dan install perbaikan secara manual.

WinPoin akan terus memantau masalah gagal update di Windows 7 ini, dan menginfokannya disini begitu ada kabar terbaru. Stay tuned.

via borncity| bleepingcomputer

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.