Home Editorial Mengenal Lebih Jauh Action Center di Windows 10

Mengenal Lebih Jauh Action Center di Windows 10

mengenalactioncenter_1

Action Center adalah salah satu fitur baru pada Windows 10. Fitur yang muncul sejak build 9926 ini memberikan akses cepat ke pengaturan tertentu seperti Tablet Mode, WiFi, Bluetooth, VPN, dsb. Serta menampilkan notifikasi system ataupun Apps. Kamu dapat mengaksesnya melalui Icon notifikasi pada pojok kanan taskbar atau dengan menggunakan Shortcut (WinKey + A).

mengenalactioncenter_2

Fitur yang diadobsi dari Windows Phone 8.1 (yang tentunya juga hadir di Windows 10 Mobile) ini juga dapat disesuaikan dengan keinginan. Dan berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai Action Center pada Windows 10.

Mengatur Quick Actions yang Muncul Pada Action Center

Salah satu hal yang berguna pada Action Center ini adalah kamu dapat memilih settingan Quick Action yang nantinya dapat kamu tampilkan pada Action Center.

Caranya buka ‘Settings‘ (WinKey + I) lalu navigasi ke ‘System – Notification & actions‘. Pada Opsi ‘Quick Actions‘ terdapat 4 slot yang dapat kamu ganti, klik salah satu dari kotak tersebut untuk membuka menu dropdown lalu ganti dengan settingan yang kamu inginkan.

mengenalactioncenter_3

Mengatur Toast Notifikasi

Toast notifikasi akan muncul pada sisi pojok layar monitor, gunanya untuk menampilkan pemberitahuan baik itu System maupun Apps secara cepat.

mengenalactioncenter_4

Untuk mengaturnya, cukup scroll kebawah pada pengaturan yang sama dengan Quick Actions.

mengenalactioncenter_5

Terdapat beberapa opsi ‘Notifications‘ yang dapat kamu sesuaikan, diantaranya.

  • Show me tips about Windows : Ketika opsi ini dinyalakan, maka sistem sewaktu-waktu akan memberikan notifikasi tips dan trik.
  • Show app notifications : Ketika opsi ini dinyalakan, maka kamu akan menerima notifikasi dari apps yang terinstall pada PC.
  • Show notifications on the lock screen : Ketika opsi ini dinyalakan, maka notifikasi baik sistem maupun aplikasi akan muncul pada layar lock screen.
  • Show alarms, reminders, and incoming VOIP calls on the lock screen : Ketika opsi ini dinyalakan, maka sistem akan menampilkan alarms, reminders dan VOIP calls yang masuk pada layar lock screen.
  • Hide notifications while presenting : Ketika opsi ini dinyalakan, maka sistem akan mencegah notifikasi muncul pada layar ketika melakukan presentasi Power Point.

Mengatur Notifikasi Pada Aplikasi

Selain kamu dapat mengatur toast notifikasi secara menyeluruh untuk semua apps. Kamu juga dapat mematikan notifikasi pada aplikasi tertentu yang terinstall di PC.

Caranya, navigasi ke pengaturan yang sama dengan Quick Action dan Notification. Scroll bawah untuk menemukan opsi ‘Show notifications from these apps‘. Jika ingin mematikannya, cukup slide dari On ke Off pada aplikasi yang tidak ingin kamu munculkan notifikasinya.

mengenalactioncenter_6

Membersihkan Notifikasi

Jika pada saat-saat tertentu notifikasi history sudah banyak dan kamu ingin menghapusnya. Kamu dapat langsung menghapus semuanya dengan mengklik pada opsi ‘Clear All‘.

mengenalactioncenter_7

Atau jika kamu ingin menghapus berdasarkan turunan aplikasi, misalkan pada kasus saya adalah ‘AutoPlay‘. Maka kamu dapat mengklik tanda ‘X’ pada bagian ujung ataupun drag ke arah kanan lalu melepasnya.

Selain itu kamu juga dapat menghapus notifikasi secara individual dengan cara yang sama ketika ingin menghapus notifikasi secara turunan aplikasi.

Mematikan Actions Center

Setelah penjelasan singkat mengenai Action Center diatas, apakah menurut kamu fitur ini berguna? atau sebaliknya?. Jika dirasa sebaliknya, maka saya bisa memberikan kamu 2 (dua) cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya.

Pertama dengan melalui Group Policy Editor. Caranya buka kotak RUN lalu ketikan ‘gpedit.msc‘.

mengenalactioncenter_10

Setelah itu navigasi ke ‘User Configuration – Administrative Templates – Start Menu and Taskbar‘ lalu pada sisi kanan layar klik 2x pada opsi “Remove Notifications and Actions Center” kemudian pilih ‘Enabled‘ lalu pilih OK dan Reboot system.

mengenalactioncenter_11

Jika tidak bisa melalui Group Policy (karena mungkin edisi Windows 10 yang kamu punya adalah Home) maka kamu dapat melalui Regedit, tetapi kamu dapat mempersingkat waktu dengan melalui CMD. Dengan mengetikan/copy perintah berikut.

reg add HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Explorer /v DisableNotificationCenter /t REG_DWORD /d 1

mengenalactioncenter_12

Reboot komputer, dengan begitu kamu tidak akan melihat action center dan iconnya pada taskbar. Untuk memunculkan kembali ketikan/copy perintah berikut, dan jika muncul peringatan ketikan ‘y‘.

reg delete HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Explorer /v DisableNotificationCenter

Nah itu dia sekilas tentang Action Center pada Windows 10, jadi menuru kamu apa fitur ini berguna atau sebaliknya? Let us know in the comments below 😉

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.